Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Dianggap Hadiah Mewah di China

Kompas.com - 09/12/2014, 14:07 WIB
KOMPAS.com — Mereka yang memberikan susu sebagai hadiah kepada orang lain kini dianggap sebagai dermawan bagi kelas menengah di China. Australia pun ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mengekspor hasil produk susunya.

Harga sebotol susu yang dijadikan sebagai hadiah di China bisa mencapai Rp 120.000.

Peter Skene, salah satu direktur di sebuah perusahaan pengolahan susu di Australia, mengatakan, mereka baru saja memulai ekspor produknya ke China dan rencananya akan mengekspor hingga 600.000 liter susu setiap bulannya.

"Sangat menarik melihat tren saat ini. Di China, mereka ternyata memberi susu sebagai hadiah," ujar Skene.

Skene mengatakan, susu telah dianggap sebagai hadiah yang bisa dibilang mewah. "Karenanya, kita melihat bisnis distribusi yang besar di sana, 60 persen dari penjualan mereka, misalnya, adalah sebagai kebutuhan untuk hadiah, setiap tahunnya," jelas Skene.

Skene juga mengatakan, susu segar yang diolah di kawasan Camperdown di Negara Bagian Victoria kemudian dikirim ke Melbourne, dengan proses pasteurisasi dilakukan di atas kendaraan. Kemudian susu diterbangkan dengan menggunakan pesawat kargo ke China.

"Kemudian susu tiba (di China) sudah dikemas dalam waktu yang sangat cepat dari peternakan hingga waktu dalam botol," kata Skene. "Itu adalah periode waktu yang paling menentukan seperti apa kualitas produknya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com