Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia Dibuka, Staf Bandara Brasil Mogok

Kompas.com - 12/06/2014, 15:03 WIB
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com— Staf darat di bandara-bandara kota Rio de Janeiro menyerukan mogok kerja sebagian selama 24 jam pada Kamis (12/6/2014) bertepatan dengan pembukaan Piala Dunia Brasil.

Para pekerja berjanji menghormati perintah pengadilan untuk memastikan 70-80 persen layanan tetap terpenuhi, tetapi mogok kerja itu tetap mengancam keterlambatan jadwal penerbangan karena ribuan penggemar sepak bola hari ini tiba di Brasil untuk menyaksikan upacara pembukaan dan pertandingan pertama.

"Kami adalah rakyat Brasil dan kami tetap mendukung Brasil, tetapi sudah menjadi tugas kami untuk berjuang demi hak buruh," kata Presiden Serikat Buruh Rui Pessoa kepada AFP.

Serikat Buruh menuntut adanya bonus Piala Dunia, kondisi kerja yang lebih baik, dan kenaikan upah hingga 12 persen, tetapi atasan mereka hanya bersedia menaikkan upah sebesar 8 persen.

Mogok kerja dimulai tengah malam waktu setempat atau sekitar pukul 09.00 WIB akan berdampak besar pada dua bandara utama kota itu, yaitu Galeao International dan Santos Dumont yang melayani penerbangan domestik. Badan Penerbangan Sipil Nasional mengatakan memantau situasi dan memiliki rencana darurat.

Sementara itu, Pessoa mengatakan, meski mogok kerja itu hanya sebagian, tetapi dia percaya aksi itu akan memiliki konsekuensi karena meningkatnya angka penerbangan selama Piala Dunia, yaitu lebih dari 1.000 per hari di Rio de Janeiro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com