Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sierra Leone Jual Berlian 125 Karat

Kompas.com - 24/01/2014, 23:17 WIB
FREETOWN, KOMPAS.com — Sierra Leone, Jumat (24/1/2014), mengatakan telah menjual berlian terbesar yang ditemukan di negeri itu tahun lalu. Berlian berkadar 125 karat itu dijual dengan harga sekitar 800.000 dolar AS atau sekitar Rp 9,7 miliar.

Berlian dengan kualitas tinggi itu ditemukan para petambang di distrik Kono, di bagian timur negeri itu. Demikian pernyataan badan mineral nasional.

Badan mineral nasional tidak mengatakan ke mana batu itu dijual, tetapi membenarkan bahwa berlian itu adalah yang terbesar yang ditemukan di Sierra Leone pada 2013.

Selain itu, berlian tersebut adalah yang terbaik dan paling bernilai di negeri Afrika Barat itu selama ini.

"Apa yang membuat berlian itu istimewa adalah fakta berlian dengan berat di atas 100 karat bisa mempertahankan bentuknya tanpa retakan atau kotoran seperti layaknya batu mulia langka," demikian pernyatan badan mineral nasional.

Sierra Leone merupakan salah satu negara termiskin di dunia setelah perang sipil yang brutal selama 11 tahun yang berakhir pada 2002.

Padahal, kekayaan alamnya seperti bauksit, berlian, emas, titanium, dan bijih besi menarik banyak investasi luar negeri.

Kini penambangan berlian skala kecil di wilayah timur negeri itu masih berlangsung sejak berlian ditemukan pertama kali pada 1930.

Di wilayah timur ini pula berlian seberat 968,9 karat yang dikenal dengan nama Bintang Sierra Leone ditemukan pada 1972. Berlian ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com