Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Foto Telanjang, Fotografer Dituntut Rp 13 Miliar

Kompas.com - 15/01/2014, 16:56 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pemilik gedung Empire State di New York, AS, menuntut seorang fotografer yang merekam foto-foto seorang perempuan telanjang dada di teras observasi gedung tersebut.

Menurut pemilik gedung, tindakan juru foto bernama Allen Henson pada bulan Agustus itu merupakan perbuatan tak sopan yang dilakukan di tempat yang sudah kondang sebagai lokasi liburan keluarga yang setiap tahun dikunjungi sedikitnya empat juta orang itu.

Selain itu, Henson tidak memiliki izin untuk melakukan pemotretan di gedung pencakar langit tersebut. Dalam tuntutannya, pemilik gedung meminta Henson membayar ganti rugi senilai 1,1 juta dollar AS atau Rp 13 miliar.

Henson mengatakan bahwa foto-foto itu diambil seorang temannya hanya melalui kamera telepon dan sama sekali "tak bernilai komersial".

Juru foto asal New York itu adalah seorang veteran perang Irak, dan kepada BBC, ia mengatakan baru tahu kalau dirinya dituntut, Senin (13/1/2014) lalu, sehingga belum sempat menunjuk pengacara dalam kasus ini.

"Itu bukan sesi pengambilan foto," seru Henson sambil menambahkan sang model telanjang dada adalah temannya, Shelby Carter, yang diambil dari lantai 86 teras observasi gedung.

"Kami pikir pasti keren, pemandangannya luar biasa… tak ada bahaya, tak melanggar apa-apa. Tak ada yang dirugikan, tidak ada anak-anak di situ," tambah dia.

Kepada BBC, Henson mengaku tak paham kenapa pengelola gedung mempersoalkan foto itu, sementara banyak turis lain juga mengambil foto dan video dengan alat rekam mereka, tetapi tak dipersoalkan. "Tak masuk akal," katanya tentang gugatan itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com