Kompas.com - 26/12/2013, 05:14 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

MIAMI, KOMPAS.com - Delapan belas orang yang diduga imigran gelap tewas, Rabu (25/12/2013), ketika kapal mereka terbalik di perairan Kepulauan Turks dan Caicos di Samudera Atlantik.

Informasi itu disampaikan oleh otoritas yang menangani wilayah luar negeri Pemerintah Inggris di Bahama. Insiden terjadi pada Rabu dini hari, saat perahu dicegat polisi dan ditarik ke dermaga.

Dari kapal itu, 32 orang bisa diselamatkan dan dibawa ke tempat penahanan imigrasi. Pencarian korban lain terus dilakukan, melibatkan pasukan penjaga pantai Amerika Serikat untuk membantu pemerintah Kepulauan Turks dan Caicos.

Para imigran diduga berasal dari Haiti, negara termiskin di belahan barat bumi setelah gempa meluluhlantakkan negara pulau itu pada 2010. Gempa tersebut menewaskan 250.000 orang dan menumbangkan ekonominya.

Sesudah itu kapal tak layak kerap mengangkut para imigran Haiti menuju Bahama dan Amerika Serikat. Bulan lalu, sekitar 30 migran Haiti tewas setelah kapal barang yang kelebihan beban terbalik di Bahama.

Stern Lolo, Direktur Kantor Migrasi Nasional Haiti, mengatakan pemerintah mencoba  mencegah para migran nekat menyeberang lautan. Kampanye pun digalakkan lewat informasi publik di radio. Namun, ujar Lolo, instansinya bahkan tak punya kapal patroli untuk bisa benar-benar efektif mencegah warga nekat menyeberangi samudera.

Lebih dari 170.000 warga Haiti masih tinggal di tenda-tenda dan penampungan darurat, empat tahun setelah gempa hebat itu. Risiko penyakit dan badai menjadi tantangan mereka sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.