Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Tolak Beri Kompensasi Korban Kolera Haiti

Kompas.com - 22/02/2013, 17:06 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - PBB secara resmi menolak kompensasi untuk para korban wabah kolera di Haiti, yang menurut para ahli bersumber dari sebuah pos pasukan  PBB di negara itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon, sudah menelepon Presiden Haiti, Michel Martelly, untuk memberi tahu keputusan tersebut.

Juru bicara Sekjen PBB, Martin Nesirky, menyatakan bahwa PBB memiliki kekebalan dari tuntutan hukum, seperti yang dijamin oleh Konvensi PBB.

"Dan Sekjen PBB kembali mengungkapkan simpati yang mendalam atas penderitaan berat yang disebabkan oleh wabah kolera," tambahnya.

PBB tidak pernah menerima tanggung jawab atas wabah pada akhir tahun 2010 yang menyebabkan sekitar 600.000 orang terinfeksi.

Lembaga itu juga mengajukan alasan bahwa tidak mungkin untuk menunjuk sumber yang pasti dari penyakit itu walaupun bukti-bukti merujuk wabah disebabkan buruknya sanitasi di sebuah perkemahan yang menampung pasukan penjaga perdamaian internasional asal Nepal.  

Dibawa ke Pengadilan

Bagaimanapun seorang pengacara korban mengatakan kepada BBC bahwa kekebalan PBB tidak berarti pengecualian dari tuntuan hukum dan kasus tersebut bisa dibawa ke pengadilan nasional.

Brian Concannon mengatakan tim pengacara akan menantang hak kekebalan PBB di pengadilan Haiti dengan alasan tidak ada mekanisme alternatif dalam hal pertanggung jawaban, seperti yang ditetapkan dalam kesepakatan dengan pemerintah Haiti.

''Kasus kami adalah tentang kebijakan pipa pembuangan yang terkontaminasi di saluran air Haiti yang menyebabkan ribuan kematian," tuturnya.

Dia menambahkan pencabutan atas kekebalan hukum tidak akan mengubah kebijakan PBB, yang dilindungi oleh konvensi, namun mengubah praktek di lapangan seperti uji kesehatan atas pasukan maupun membangun sistem pembuangan yang tepat.

Bulan Desember 2012, PBB sudah meluncurkan seruan untuk pengumpulan dana sebesar £1,3 miliar bagi para korban wabah kolera Haiti, yang dianggap sebagai salah satu wabah kolera terburuk dunia.

Kolera tersebar melalui kotoran manusia dan jika sudah mencemari pasokan air menjadi amat sulit untuk dihentikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com