Kompas.com - 05/12/2013, 12:25 WIB
EditorErvan Hardoko
MOGADISHU, KOMPAS.com — Setelah dua dekade dibekap perang dan anarkisme, kini ibu kota Somalia, Mogadishu, mulai berbenah. Salah satu bentuk pembenahannya adalah nomor "hotline" kepolisian.

Kolonel Yusuf Mohammed Farah dengan bangga memperlihatkan pusat operasi telepon darurat kepolisian yang sibuk melayani panggilan.

Jangan bayangkan ruangan dipenuhi petugas dengan puluhan telepon dan layar komputer. Ruangan pusat operasi itu hanyalah sebuah ruangan sederhana dengan satu pesawat telepon.

"Ini bukan tugas mudah, tetapi hal yang baik kini kami memiliki nomor darurat 888 dan sejauh ini berjalan cukup baik," kata Kolonel Farah (46), juru bicara kepolisian Somalia.

"Kami mendapatkan banyak telepon warga setiap hari yang meminta bantuan," lanjut Farah.

Sejak jatuhnya pemerintahan Somalia pada 1991, satu-satunya pilihan warga saat membutuhkan bantuan adalah memohon kepada panglima perang setempat untuk mengirimkan anak buahnya.

Namun, sejak nomor darurat 888 diperkenalkan awal bulan ini, setidaknya polisi menerima 40 panggilan setiap hari dari ke 16 distrik Mogadishu.

Meski peralatannya masih sangat bersahaja dengan ruangan operasi yang pengap dihiasi dinding yang sudah mengelupas catnya, bagi Farah, keberadaan nomor darurat ini adalah sebuah kemajuan.

"Ini adalah sebuah langkah awal. Banyak warga menelepon 888 setiap hari. Mereka memberikan informasi atau meminta bantuan," tambah dia.

Bukan perkara mudah

Halaman:
Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.