Kompas.com - 08/09/2013, 16:18 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com - Para kritikus film memberikan sambutan dingin terhadap sebuah film baru yang menceritakan Putri Diana di tahun-tahun terakhir kehidupannya. Film yang diputar perdana di London pada hari Kamis (5/9/2013) itu dibintangi oleh aktris Naomi Watts dan bintang film Lost, Naveen Andrews, sebagai ahli bedah jantung Hasnat Khan yang memiliki hubungan khusus dengan Diana selama dua tahun.

Pembuat film ini mengatakan mereka telah melakukan sebuah "penelitian mendalam mengenai tahun-tahun terakhir Diana". Tapi kritikus menyebutnya "mengerikan dan mengganggu".

Kritikus dari majalah The Times menggambarkan film itu memiliki "naskah yang memalukan". Sementara itu, David Edwards dari The Mirror menggambarkan film ini sebagai "upaya murahan dan suram seperti yang ada di pertunjukan siang di Channel 5".

"The Queen of Hearts telah mengalami perombakan sebagai seorang manusia yang murung yang bahkan Bridget Jones saja akan menghindarinya," tulis Edwards.

Naomi Watts dikritik

"Saya ragu-ragu untuk menggunakan istilah 'drama kecelakaan mobil,'" tulis kritikus The Guardian Peter Bradshaw. "Tetapi kebenaran yang mengerikan adalah bahwa, 16 tahun setelah hari yang mengerikan pada tahun 1997 silam, dia kembali mengalami kematian mengerikan lain."

"Hal ini disebabkan oleh sebuah film biografi luar biasa bermaksud baik, hormat dan sentimental tentang tahun-tahun terakhirnya yang bermasalah, dicampur dengan dialog aneh - tentang sebuah fantasi bagaimana orang-orang penting dan terkenal berbicara secara pribadi."

Watts, dikenal dari aktingnya untuk nominasi Oscar di tahun lalu, The Impossible dan 21 Grams, juga dikritik.

Bradshaw mengatakan "Watts menampilkan kesan memiliki ... tatapan yang bermakna rayuan dan celaan."

Edwards dari The Mirror juga mencemooh Watts "sama sekali tidak terlihat, terdengar dan bertingkah laku seperti Princess of Wales."

"Wesley Snipes dalam wig pirang akan lebih meyakinkan."

Meski demikian, Daily Express, bagaimanapun, menyebut film ini sebagai film yang "harus ditonton musim gugur ini [yang] akan membuat penonton menangis."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.