Kompas.com - 07/07/2013, 04:47 WIB
EditorErvan Hardoko

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Pesawat Boeing 777 milik Asiana Airlines yang jatuh saat mendarat di bandara internasional San Francisco, Sabtu (6/7/2013) siang waktu setempat, membawa lebih dari 300 penumpang dan awak.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengabarkan bahwa pesawat naas itu membawa 292 penumpang dan 16 awak kabin.

Juru bicara Rumah Sakit Umum San Francisco, Rachael Kagan, mengatakan bahwa 10 penumpang yang dirawat di rumah sakit itu berada dalam keadaan kritis.

"Sebagian besar dari mereka hanya bisa berbicara bahasa Korea," kata Rachael.

Ying Kong, warga Albany, New York, sedang berada di bandara menunggu kakak iparnya, Fawen Yan (47) dari Richmond, California, mengatakan, saudaranya itu meneleponnya sesaat setelah selamat dari kecelakaan tersebut.

"Dia mengatakan sulit bernapas. Namun, dia baik-baik saja. Dia mengatakan banyak orang berlarian dan beberapa orang mengalami luka," kata perempuan itu.

Sementara itu, juru bicara Badan Penerbangan Federal (FAA), Lynn Lunsford, mengatakan bahwa akibat kecelakaan itu, bandara San Francisco ditutup untuk seluruh lalu lintas penerbangan.

Saat ini, Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) sedang mengirim petugas penyidiknya ke lokasi jatuhnya pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Sumber Reuters


    Rekomendasi untuk anda
    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.