Salin Artikel

Mengenal Apa Itu Jalur Gaza

Lebih dari 2.000 orang tewas akibat serangan Hamas dan serangan balasan Israel terhadap Jalur Gaza, yang kini telah dikepung.

Dari Gaza, Hamas melintasi perbatasan dan masuk ke Israel, lalu ribuan roket diluncurkan. Dan kini, aksi balasan Israel ditujukan ke Gaza.

Gaza berbatasan dengan Laut Mediterania, Israel, dan Mesir. Kota ini dihuni oleh 2,3 juta warga Palestina, menjadikannya salah satu wilayah paling padat penduduk di dunia.

Kota besar dunia seperti London memiliki kepadatan penduduk 5.700 orang per kilometer persegi, sedangkan Gaza dipadati oleh lebih dari 9.000 jiwa per kilometer persegi.

Sementara DKI Jakarta, dengan luas mencapai 661,23 km persegi dan jumlah total penduduk 11,25 juta jiwa pada Juni 2022, memiliki kepadatan penduduk di ibu kota mencapai 17.013 jiwa per kilometer persegi.

Zona pertahanan yang didirikan oleh Israel di sepanjang perbatasan untuk melindungi dari serangan roket maupun serangan Hamas telah menyebabkan terbatasnya lahan yang tersedia untuk pemukiman dan pertanian.

Perekonomian Gaza juga berada di ambang kehancuran karena ekspor dan impor yang terbatas.

Menurut Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (OOPS), tingkat kelaparan di Gaza melebihi 46 persen.

Lebih dari 80 persen penduduknya hidup dalam kemiskinan. Program Pangan Dunia menyebut bahwa 63 persen penduduk Gaza “rawan kelaparan” dan bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Menurut PBB, hampir 600.000 pengungsi di Gaza tinggal di delapan kamp yang penuh sesak.

Menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA), sebelum konflik terjadi, sebagian besar rumah hanya mendapat aliran listrik selama tiga jam sehari.

Saat ini, militer Israel telah memutus semua pasokan listrik.

Isolasi ini telah memperburuk kehidupan warga Palestina.

Human Rights Watch membandingkan kondisi di Gaza dengan “penjara terbuka.”. Sementara delegasi PBB mengatakan bahwa kawasan itu “tidak layak huni”.

Situasi di Gaza dikhawatirkan akan semakin buruk akibat konflik dengan Israel yang kian intens.

https://internasional.kompas.com/read/2023/10/12/190100370/mengenal-apa-itu-jalur-gaza

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke