Salin Artikel

Sejarah Kenapa India Disebut Vrindavan

Vrindavan mengacu pada kota di negara bagian Uttar Pradesh, India utara. Kota itu juga disebut sebagai Vrndaban, menurut penjelasan dari Encyclopaedia Britannica.

Kota Vrindavan terletak di tepi barat Sungai Yamuna, tepat di utara Mathura yang merupakan tempat suci Dewa Krishna dalam agama Hindu bagi yang menyembahnya.

Di Vrindavan dan hutan sekitarnya peristiwa-peristiwa penting dalam mitologi Krishna terjadi.

Britannica menyebutkan bahwa Vrindavan adalah tempat Krishna lahir dan menjalani masa kanak-kanaknya, tetapi di Vrindavan Online dituliskan bahwa Krishna lahir di Mathura.

Oleh karena itu, Mathura menjadi satu dari tujuh kota suci untuk ziarah Hindu. Hutan lebat Vrindavan menjadi tempat Krishna menghabiskan sebagian besar masa muda dan dewasanya, lanjut Vrindavan Online menjelaskan.

Nama Vrindavan juga masuk dalam cerita epik Mahabharata.

Nama Vrindavan berasal dari kata Vrinda atau Brinda dan Vana. Vrinda/Brinda mengacu pada daun Tulsi untuk pemujaan para dewa.

Kemudian, Vana adalah bahasa Sansekerta untuk hutan. Diyakini Vrindavan dulunya tempat tumbuh tanaman Tulsi yang besar dan padat.

Kota modern Vrindavan muncul pada abad ke-16 di sekitar salah satu kuil tertua yang masih bertahan sampai sekarang yaitu Govinda Dev.

Namun, sejak masa Mahabharata dan Perang Kurukshetra, Vrindavan mengalami kemunduran lalu kehilangan kejayaannya, seiring dengan Hinduisme yang mengalami pergolakan.

Hingga akhirnya, penyanyi suci dari Benggala Barat yaitu Chaitanya Mahaprabu menemukan kembali Vrindavan dan nama kota itu pun terdengar lagi di dunia.

Hutan yang dulu lebat dengan berbagai satwa liar seperti merak dan burung-burung langka lainnya, kini digantikan bangunan serta komplek-komplek modern.

Banyak asrama, penginapan, dan rumah indekos juga dibangun, karena banyak peziarah mendatangi Vrindavan setiap tahun.

Burung merak dilaporkan sudah hilang, tetapi masih ada sapi dan monyet yang terlihat di sekitar kota.

Kota ini juga sedang bersolek dengan proyek mewah Vrindavan Chandrodaya Mandir senilai 7 miliar rupee (Rp 1,3 triliun), yang akan menjadikannya salah satu kuil termahal di dunia. Pembangunannya akan rampung pada 2026.

Pemerintah kota kini sedang mencari cara mengisi kembali area hijau di sekitar Vrindavan dengan bantuan penduduk setempat dan para pencinta lingkungan.

Jumlah penduduk Vrindavan sekarang sekitar 60.000.

Mereka mendapatkan sedikit penghasilan dengan menyanyikan senandung religi saat hari-hari besar. Sejumlah LSM sedang memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi mereka.

Demikian beberapa alasan kenapa India disebut Vrindavan.

 

https://internasional.kompas.com/read/2022/11/12/181200870/sejarah-kenapa-india-disebut-vrindavan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke