Salin Artikel

9 Contoh Genosida di Dunia dan Dugaan Kasusnya

Genosida Rohingya memicu eksodus massal pada 2016-2017, dan dinilai sebagai upaya memusnahkan sebagian besar minoritas Muslim di Myanmar.

Istilah genosida berasal dari kata Yunani genos berarti ras atau suku, dan akhiran cide dari bahasa Latin yang artinya membunuh.

Sebutan genosida kali pertama digunakan untuk menggambarkan peristiwa Holocaust yang menewaskan enam juta orang Yahudi saat Perang Dunia II.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah sembilan contoh genosida di dunia dan peristiwa-peristiwa yang diduga kasus genosida.

1. Genosida Namibia

Jerman pada 2021 mengakui telah melakukan genosida di Namibia pada era kolonial.

Pemukim Jerman membunuh puluhan ribu penduduk asli Herero dan Nama antara 1904-1908. Pembantaian itu disebut oleh sejarawan sebagai genosida pertama pada abad ke-20.

Armenia sejak lama mencari pengakuan internasional atas peristiwa tersebut sebagai genosida, yang didukung oleh sekitar 20 negara dan banyak sejarawan.

Tuduhan itu ditolak keras oleh Turki yang menurutnya sekitar 500.000 orang Armenia tewas dalam pertempuran, pembantaian, atau kelaparan selama deportasi massal dari Anatolia timur.

3. Genosida Kamboja

Selama empat tahun pemerintahan rezim Maois Khmer Merah dari April 1975 hingga Januari 1979, sekitar dua juta orang Kamboja meninggal karena kelaparan, eksekusi massal, dan kerja paksa.

Pada November 2018, pengadilan yang didukung PBB menghukum dua pemimpin Khmer Merah yang masih hidup yaitu Nuon Chea dan Khieu Samphan atas genosida Kamboja.

Nuon Chea sudah meninggal dan Khieu Samphan mengajukan banding.

Setidaknya 800.000 orang yang sebagian besar etnis Tutsi dan beberapa Hutu moderat dibantai selama 100 hari berikutnya, menurut PBB.

PBB kemudian membentuk Pengadilan Kriminal Internasional untuk Rwanda yang mengeluarkan hukuman genosida pertama di dunia pada 1998.

  • Sejarah Genosida Rwanda 1994, Konflik Hutu dan Tutsi yang Tewaskan 800.000 Orang
  • Genosida Rwanda: Penyebab, Kronologi, Penyelesaian, dan Dampak
  • Genosida Rwanda, Kisah Anak-anak yang Kehilangan Sejarah Mereka

5. Genosida Bosnia di SrebreniCa

Pembantaian pada 1995 di Srebrenica, Bosnia timur, terhadap hampir 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim oleh pasukan Serbia Bosnia diakui sebagai genosida oleh Mahkamah Internasional (badan hukum tertinggi PBB) pada 2007.

Mantan pemimpin Serbia Bosnia yakni Radovan Karadzic dan kepala militer Ratko Mladic dijatuhi hukuman seumur hidup karena genosida Srebrenika oleh pengadilan khusus PBB.

6. Genosida Sudan

Pada Agustus 2021, Sudan berencana menyerahkan mantan presiden Omar Al Bashir ke Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC), yang diburu karena genosida Sudan atas pertempuran di wilayah Darfur pada 2003.

PBB memperkirakan, genosida Sudan atau konflik Darfur menewaskan 300.000 orang.

Pada November 2021, pengadilan Jerman menghukum seorang milisi Irak atas genosida.

Parlemen beberapa negara Barat juga menyebut pembantaian terhadap Yazidi sebagai genosida.

8. Genosida Rohingya di Myanmar

Sekitar 740.000 orang Rohingya Myanmar yang sebagian besar Muslim melarikan diri dari negara mayoritas Buddha itu ke Banglades mulai Agustus 2017. Mereka dilaporkan mengalami pemerkosaan, pembunuhan, dan pembakaran.

Myanmar kemudian dituduh melakukan genosida oleh Mahkamah Internasional (ICJ) yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Pengadilan Kriminal Internasional juga membuka penyelidikan.

Kelompok-kelompok hak asasi juga mengatakan bahwa setidaknya satu juta orang Uighur yang sebagian besar adalah minoritas Muslim, dipenjara di kamp pendidikan ulang di Xinjiang.

China telah membantah tuduhan itu dan mengatakan sedang menjalankan pusat pelatihan kejuruan di wilayah yang dirancang untuk melawan ekstremisme.

Demikian daftar sembilan contoh genosida di dunia, penjelasan singkat mengenai peristiwanya, dan kasus yang masih diduga sebagai genosida.

https://internasional.kompas.com/read/2022/06/20/212800170/9-contoh-genosida-di-dunia-dan-dugaan-kasusnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.