Salin Artikel

Peran Indonesia dalam Bidang Pendidikan di ASEAN

Dikutip dari Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 6 SD (2020) halaman 405, kerja sama sektor pendidikan di ASEAN dilakukan oleh Komite ASEAN untuk pendidikan (ASEAN Committee on Education).

Komite ini memfokuskan pada upaya sinkronisasi standar ijazah dan meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan pemuda ASEAN.

Tulisan Elmi Yuniarti guru SMPN 2 Juhar, Karo, Sumatra Utara, di KompasSkola menerangkan, kerja sama negara-negara ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara, dan meningkatkan daya saing internasional.

Contoh kerja sama bidang pendidikan, yaitu:

  • Arti atau Makna Lambang ASEAN
  • Daftar Negara Anggota ASEAN dan Ibu Kotanya
  • 10 Anggota ASEAN dan Kapan Bergabungnya

Adapun bagi Indonesia, dalam buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 6 SD (2020) halaman 406 ditulis, keberadaan ASEAN membantu menyelenggarakan program pembangunan nasional.

Bahkan, Indonesia bisa berkembang menjadi negara maju. Dengan demikian, peran Indonesia dalam bidang pendidikan di ASEAN bersifat saling menguntungkan.

Buku "Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 6 SD" karya Christiana Umi yang diterbitkan Gramedia Widiasarana Indonesia, bisa dibeli di Gramedia.com.

 

https://internasional.kompas.com/read/2022/05/24/142700870/peran-indonesia-dalam-bidang-pendidikan-di-asean

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke