Salin Artikel

Apa Itu Penjahat Perang dan Bisakah Putin Diadili karena Invasi?

Hal ini menarik kecaman tajam dari Kremlin yang menggambarkan komentar itu sebagai "tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan".

Setelah Biden menggunakan istilah itu pada hari Rabu (16/3/2022), sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan presiden "berbicara dari hatinya" setelah melihat kekerasan "biadab" di Ukraina.

Sebenarnya, apa makna tuduhan itu, lebih khusus lagi, dalam konteke perang Rusia-Ukraina. Dilansir Al Jazeera, berikut paparannya.

Siapa penjahat perang?

Istilah ini berlaku untuk siapa saja yang melanggar seperangkat aturan yang diadopsi oleh para pemimpin dunia yang dikenal sebagai hukum konflik bersenjata. Aturan mengatur bagaimana negara berperilaku di saat perang.

Aturan-aturan itu telah dimodifikasi dan diperluas selama abad yang lalu, diambil dari Konvensi Jenewa setelah Perang Dunia II dan protokol ditambahkan kemudian.

Aturan tersebut ditujukan untuk melindungi orang-orang yang tidak ambil bagian dalam pertempuran dan mereka yang tidak bisa lagi berperang, termasuk warga sipil seperti dokter dan perawat, tentara yang terluka dan tawanan perang.

Kejahatan apa yang membuat seseorang menjadi penjahat perang?

Kejahatan perang terjadi ketika cedera yang berlebihan atau penderitaan yang tidak perlu menimpa musuh. Ini termasuk pembunuhan yang disengaja serta perusakan yang luas dan perampasan properti yang tidak dibenarkan oleh kebutuhan militer.

Kejahatan perang lainnya termasuk dengan sengaja menargetkan warga sipil, menggunakan kekuatan yang tidak proporsional, menggunakan perisai manusia dan menyandera.

Pengadilan Kriminal Internasional juga menuntut kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan dalam konteks “serangan meluas atau sistematis yang ditujukan terhadap penduduk sipil mana pun”.

Ini termasuk pembunuhan, pemusnahan, pemindahan paksa, penyiksaan, pemerkosaan dan perbudakan seksual.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan kepada para politisi Uni Eropa bahwa mereka harus mengakui Putin sebagai penjahat perang.

Dia mengutip contoh serangan udara Rusia di sebuah teater pada hari Rabu di mana dia mengatakan 1.200 wanita dan anak-anak berlindung. Rusia membantah melakukan serangan.

Bisakah Putin diadili?

Hal ini tidak jelas. Rusia tidak mengakui yurisdiksi Pengadilan Kriminal Internasional dan tidak akan mengirim tersangka ke markas besar pengadilan di Den Haag, Belanda.

AS juga tidak mengakui otoritas pengadilan. Putin dapat diadili di negara yang dipilih oleh PBB atau oleh konsorsium negara-negara yang bersangkutan. Tapi membawanya ke sana akan sulit.

Cara yang paling mungkin bagi Putin untuk muncul sebagai tersangka penjahat perang adalah melalui doktrin hukum tanggung jawab komando yang diakui secara luas.

Jika komandan memerintahkan, mengetahui, atau berada dalam posisi dimana ia mengetahui tentang kejahatan dan tidak melakukan apa pun untuk mencegahnya, mereka dapat dimintai pertanggungjawaban secara hukum.

Apakah para pemimpin pernah diadili di masa lalu?

Dari pengadilan pasca-Perang Dunia II di Nuremberg dan Tokyo hingga pengadilan ad hoc yang lebih baru, para pemimpin senior telah diadili atas tindakan mereka di negara-negara termasuk Bosnia, Kamboja, dan Rwanda.

Mantan pemimpin Yugoslavia Slobodan Milosevic diadili pengadilan PBB di Den Haag karena mengobarkan konflik berdarah ketika Yugoslavia runtuh pada awal 1990-an. Dia meninggal di selnya sebelum pengadilan bisa mencapai vonis.

Sekutunya di Serbia-Bosnia Radovan Karadzic dan pemimpin militer Serbia-Bosnia, Jenderal Ratko Mladic, juga berhasil diadili dan keduanya sekarang menjalani hukuman seumur hidup.

https://internasional.kompas.com/read/2022/03/18/150100370/apa-itu-penjahat-perang-dan-bisakah-putin-diadili-karena-invasi-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.