Salin Artikel

8 Budaya Jepang Paling Terkenal di Dunia

KOMPAS.com - Budaya Jepang yang unik telah menjadi salah satu daya tarik terbesar dari negara kepulauan yang terletak di timur laut Samudra Pasifik.

Sejak 1950-an, negara ini telah muncul sebagai salah satu masyarakat paling maju secara ekonomi dan teknologi di dunia. Perkembangan ini terjadi seiring dengan berlanjutnya tradisi budaya yang rumit dan sudah berlangsung lama.

Sementara negara ini terus mengembangkan dan memproduksi teknologi bagi dunia, masyarakat Jepang terus mewariskan keterampilan dan teknik kerajinan yang lama dipraktikkan dari generasi ke generasi.

Hubungan antara masa lalu dan masa depan ini menjadi ciri budaya dan masyarakat Jepang yang diakui secara global. Berikut ini beberapa budaya Jepang yang paling terkenal di dunia!

1. Upacara Minum Teh di Jepang

Jepang cukup terkenal dengan upacara minum tehnya, yang dikenal sebagai “Way of Tea”. Ini termasuk persiapan upacara dan penyajian Matcha, teh hijau bubuk.

Upacara minum teh sangat penting bagi budaya Jepang. Maknanya bukan hanya terletak pada praktik minum tehnya, melainkan tentang gerakan menyiapkannya, dan soal memusatkan semua perhatian pada prosesnya. Bahkan penempatan peralatan sangat penting.

Upacara minum teh sebagian besar terkait dengan Kyoto. Tetapi upacara ini dapat dengan mudah ditemukan di kedai teh di seluruh negeri, baik di pusat kota perkotaan maupun pedesaan.

Rumah teh Jepang disebut “chashitsu”. Pada awalnya ini dibangun oleh para biksu sebagai tempat berkumpulnya upacara ini. Arsitekturnya menonjol dengan pintu kayu geser, lantai tikar tatami dan jendela shoji.

2. Geisha Jepang

Geisha adalah bagian besar dari tradisi dan budaya Jepang, dan sesuatu yang pasti terkenal di negara ini. Mereka adalah wanita yang menghibur melalui berbagai bentuk seni, menyanyi dan menari.

Banyak geisha modern tinggal di rumah geisha yang disebut okiya, terutama selama pelatihan mereka.

Mereka secara tradisional memakai kimono dan riasan oshiroi. Oshiroi secara harfiah berarti bubuk putih, yang mengacu pada kulit geisha yang sangat pucat.

Geisha juga memakai jenis sandal kayu yang menyerupai sandal jepit, yang dikenal sebagai geta. Tapi tidak semua geisha memakai ini, maiko (geisha dalam pelatihan), memakai geta yang tidak memiliki gigi di bagian bawah, dan mereka disebut okobo.

Ada kesalahpahaman di dunia Barat bahwa geisha setara dengan pelacur di Timur, padahal tidak. Kesalahpahaman ini sebagian besar terjadi karena interaksi dengan pelacur oiran, yang mengenakan pakaian dan rias wajah yang mirip dengan geisha.

3. Seni Origami dan Kaligrafi Jepang

Kaligrafi Jepang adalah hal terkenal lainnya dari Jepang. Ini adalah bentuk tulisan artistik dari bahasa Jepang, dan juga dikenal sebagai shodo.

Ada dua jenis simbol dalam kaligrafi Jepang – Kana dan Kanji. Kana mewakili suku kata, dan tidak memiliki arti khusus.

Kanji jauh lebih kompleks, karena mereka adalah simbol untuk kata-kata, jumlahnya ada lebih dari 10.000, dan masing-masing memiliki arti tertentu.

Seni Origami adalah jenis seni lain yang terkenal di Jepang. Ini adalah seni melipat kertas, dan menjadi keterampilan yang dilakukan orang di seluruh dunia, tetapi itu berasal dari Jepang.

4. Onsens Jepang

Jepang adalah negara yang aktif secara vulkanik, sehingga memiliki banyak mata air dengan air tanah yang dipanaskan secara geothermal – mata air panas.

Onsen dalam istilah Jepang itu kemudian juga meluas ke pemandian umum dan “ryokan” dengan sumber air panas.

Onsens secara tradisional terletak di luar ruangan, tetapi saat ini banyak onsen di dalam ruangan di seluruh negeri. Sebagian besar lokasinya berada di daerah yang dekat dengan gunung berapi, terutama di sekitar Gunung Fuji dan Gunung Hakone.

Fakta menarik tentang onsen adalah sekitar setengah lokasi sumber air panas ini melarang orang bertato. Ini adalah upaya untuk mencegah anggota Yakuza, karena mereka dikenal memiliki banyak tato.

5. Makanan dan minuman Jepang

Tapi Sushi dan Ramen adalah dua hal dari Jepang, yang telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Namun mereka biasanya hanya interpretasi dari hal yang asli.

Ada setidaknya ribuan restoran sushi dan ramen yang layak di seluruh Jepang, jadi menemukan yang berperingkat tinggi tidak akan menjadi masalah.

Sake adalah anggur beras beralkohol yang terkenal di Jepang. Di seluruh dunia minuman ini biasa tersedia di restoran sushi.

Tetapi di negara aslinya, sake awalnya tidak dipasangkan dengan sushi, sebab keduanya dibuat dengan beras sehingga kombinasi keduanya dinilai tidak tepat.

6. Samurai

Dalam sejarah Jepang abad pertengahan dan awal modern, Samurai adalah pejuang. Mereka juga perwira militer terkemuka, dan seiring waktu menempati peringkat tertinggi dalam kasta sosial Jepang.

Samurai menggunakan semua jenis senjata, tetapi pedang adalah senjata utama mereka dan tetap menjadi simbol mereka.

Samurai adalah bagian yang sangat penting dari tradisi dan budaya Jepang. Peran mereka dalam sejarah didokumentasikan secara khusus dalam Museum Samurai di Tokyo.

Tapi, prajurit Jepang kuno tidak hanya populer karena peringkat tinggi mereka di zaman pra-modern. Mereka juga sangat penting dalam budaya pop, dengan banyak kartun, komik, dan video game berdasarkan karakternya.

7. Kimono

Dalam beberapa tahun terakhir, kimono menjadi semakin populer di industri fashion. Atau lebih tepatnya pakaian seperti kimono. Kimono yang sebenarnya adalah pakaian tradisional Jepang berbentuk T.

Ada banyak variasi dalam hal panjang kimono dan lengannya, tetapi biasanya panjangnya setidaknya sampai mata kaki, dengan panjang lengan hingga pergelangan tangan.

Panjang lengan kimono tradisional ternyata bisa memberitahu status seorang wanita. Wanita lajang biasanya memakai kimono (Furisodo) dengan lengan hingga ke lantai. Sementara wanita yang sudah menikah memakai Tomesode, yang memiliki lengan lebih pendek.

Kimono biasanya diikat di pinggang dengan obi (selempang), yang diikat di belakang. Mereka dipakai bahkan sampai sekarang, baik oleh wanita maupun pria. Penggunaannya paling sering adalah untuk acara-acara khusus seperti pernikahan dan upacara minum teh.

8. Gulat Sumo

Sumo adalah jenis gulat kontak penuh yang berasal dari Jepang. “Negeri Sakura” menjadi satu-satunya negara di mana olah raga ini dapat dipraktikkan secara profesional bahkan hingga hari ini, terlepas dari semua kontroversi yang mengelilinginya.

Pegulat sumo biasanya diminta untuk tinggal di kandang pelatihan komunal, dan sebagian besar aspek kehidupan mereka ditentukan oleh tradisi.

Itu mencakup segala sesuatu mulai dari apa yang bisa mereka makan. Pegulat sumo diharuskan memakai kimono setiap kali mereka tampil di depan umum.

https://internasional.kompas.com/read/2021/11/11/123000970/8-budaya-jepang-paling-terkenal-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke