Salin Artikel

Presiden Perancis Dilempar Telur Sambil Diteriaki "Vive la Revolution"

Insiden itu terjadi ketika Macron berkunjung ke Lyon untuk mempromosikan grastronomi "Negeri Anggur" pada Senin (27/9/2021).

Macron tengah menyapa pendukungnya ketika sebutir telur itu mengenai bahu kirinya dan memantul ke pipi dalam keadaan utuh.

Dalam video yang beredar, si pelempar sempat berteriak Vive la Revolution (Jayalah Revolusi) kepada pemimpin berusia 43 tahun itu.

Presiden Perancis sejak Mei 2017 itu sontak tersentak. Para pengawalnya bergerak cepat dengan ada yang menutupi wajahnya.

Video memperlihatkan seorang pria ditarik dari kerumunan oleh otoritas keamanan. Namun Macron dengan tenang mencegahnya.

"Jika dia mempunyai sesuatu untuk dikatakan, biarkan dia datang kepadaku. Saya akan berbicara dengannya. Tolong panggil dia," kata Macron.

Meskipun telur itu tidak pecah ketika mengenai Macron, video yang beredar kemudian menunjukkan benda itu pecah begitu jatuh ke tanah.

Selain itu, dia mendapatkan sambutan menyenangkan ketika menghadiri Pameran Internasional Katering dan Perhotelan (Sirha).

Dilansir Daily Mail, juru bicara kepresidenan menolak berkomentar terkait insiden pelemparan tersebut.

Insiden itu terjadi beberapa bulan setelah Macron ditampar oleh pengunjuk rasa ketika mengunjungi kawasan selatan Perancis.

Si pelaku, Damien Tarel dihukum penjara 18 bulan pada Juni karena menyerang sang presiden dalam kunjungannya ke desa Tain-l'Hermitage.

Penggila permainan ketangkasan era Abad Pertengahan tersebut tidak menyesal sudah menampar Macron, menyebutnya mewakili "kebusukan Perancis".

Macron berusaha mendinginkan suasana dengan menyebut insiden penamparan itu sebagai insiden yang terisolasi.

https://internasional.kompas.com/read/2021/09/28/073344370/presiden-perancis-dilempar-telur-sambil-diteriaki-vive-la-revolution

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.