Salin Artikel

Kebakaran Rumah Sakit di Brasil, Setidaknya 10 Orang Tewas

Dilaporkan AFP, kebakaran tersebut terjadi di rumah sakit Badim, di utara Rio de Janeiro, dengan laporan awal dinas pemadam kebakaran menyebut api kemungkinan ditimbulkan dari korsleting pada generator.

Asap akibat kebakaran menyebabkan staf medis dan juga kerabat pasien mengalami sesak saat mencoba mengevakuasi pasien.

"Setidaknya 10 orang dilaporkan tewas," kata departemen pemadam kebakaran kota Rio de Janeiro dalam sebuah pernyataan.

Namun tidak diungkapkan apakah para korban yang tewas adalah pasien atau staf rumah sakit.

"Sebanyak sekitar 90 pasien juga harus dipindahkan ke unit medis lain," lanjut pernyataan dinas pemadam kebakaran AS.

Kobaran api dapat dikendalikan pada pukul 20.00 malam waktu setempat, dengan petugas pemadam kebakaran melanjutkan dengan misi pencarian korban hingga Jumat (13/9/2019) dini hari.

Sejumlah jenazah korban ditemukan dan dikeluarkan dari lokasi kebakaran.

Selama proses evakuasi, puluhan brankar dan tandu pasien di bawa menuju ke jalan-jalan di sekitar gedung rumah sakit, dengan mobil ambulans harus berusaha keras melewati kerumunan warga yang menonton karena penasaran, demi dapat membawa pasien yang rentan ke rumah sakit lain dengan segera.

"Saya bisa membawa ibu saya keluar dari kamarnya dan ketika kami tiba di pintu darurat, ada banyak orang yang sedang berlarian," kata pengacara Carlos Otorelo, yang menemani ibunya dirawat karna pneumonia.

"Situasinya sangat mengerikan karena asap menyebar dengan sangat cepat," tambahnya.

Asap hitam pekat terlihat sudah keluar dari salah satu sisi rumah sakit, yang merupakan milik swasta di lingkungan Tijuca, saat para dokter, perawat, dan juga relawan, berlari masuk untuk menyelamatkan pasien.

Pihak berwenang rumah sakit menunjuk api kebakaran kemungkinan ditimbulkan dari generator di bagian tertua kompleks sebagai penyebab kebakaran.

Sementara wali kota Rio de Janiero, Marcelo Crivella, mengatakan pihaknya tidak bisa menutup kemungkinan adanya sabotase.

"Para ahli harus menemukan apakah ada pihak yang bertanggung jawab. Saya berharap saya salah, tetapi kami harus memeriksa bahwa tidak ada upaya sanotase. Kami harus menyelidikinya," ujar Crivella, kepada wartawan.

Wilayah Rio telah dilanda dua insiden kebakaran besar pada tahun lalu, termasuk ketika Museum Nasional dihancurkan oleh api September tahun lalu, dan menghancurkan sebagian besar koleksinya yang tak ternilai.

Sementara di bulan Februari, sebanyak 10 remaja anggota klub sepak bola Flamengo tewas di gedung prefabrikasi, tempat mereka menginap.

Sistem pengondisian udara yang salah telah menjadi penyebab dari kedua kebakaran besar tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/13/20351401/kebakaran-rumah-sakit-di-brasil-setidaknya-10-orang-tewas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.