Salin Artikel

Bantah Isu Meninggal, Presiden Turkmenistan Tampil Saat Liburan di Gerbang Neraka

Namun pada akhir pekan lalu, sebuah siaran di stasiun televisi pemerintah menampilkan rekaman yang menunjukkan bahwa Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov masih dalam keadaan sehat walafiat dan hanya sedang berlibur.

Pemimpin autokrat berusia 62 tahun itu terakhir tampil di hadapan publik pada pertengahan Juli dan beberapa media asing, yang mengutip sumber anonim, memberitakan bahwa dia telah wafat.

Kabar itu langsung dibantah tegas oleh pemerintah setempat yang mengatakan bahwa presiden hanya sedang berlibur.

Dan pada Minggu (4/8/2019) lalu, sebuah tayangan di televisi memutar rekaman yang membuktikan bahwa presiden sedang berlibur dan dalam keadaan sehat.

Dalam rekaman tersebut, Presiden Berdymukhamedov terlihat sedang mengendarai mobil reli mengitari kawah api abadi di tengah Gurun Karakum yang disebut dengan Gerbang Neraka.

Tayangan itu juga menunjukkan saat presiden yang mengenakan pakaian bergaya militer dan topi bisbol sedang bermain bowling.


Berdymukhamedov menjalankan pemerintahan negara bekas republik Soviet, yang mengekspor gas alam melalui jaringan pipa ke China dan Rusia, sejak meninggalnya presiden pendahulunya, Saparmurat Niyazov, pada 2006.

Berdymukhamedov merupakan pendukung utama televisi pemerintah di negara Asia Tengah yang kaya gas alam itu, di mana tidak ada media yang bebas dan sedikit sumber informasi yang tidak dikendalikan oleh pemerintah yang berkuasa.

Laporan video liburan itu menjadi pertama kali Presiden Berdymukhamedov tampil di media sejak 15 Juli lalu, saat dia ditunjukkan tengah menulis buku, bermain bersama kucing dan menonton rekaman dirinya bernyanyi bersama cucunya.

Berdymukhamedov sebelumnya juga sempat menjadi perhatian publik setelah muncul di televisi saat menembak sambil mengayuh sepeda dan saat memberikan seekor anak anjing kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Desas-desus tentang meninggalnya Presiden Berdymukhamedov tampaknya berawal dari sebuah media kecil berbasis asing yang dijalankan oleh lawan rezim Turkmenistan.

Kabar itu kemudian menyebar di situs-situs berbahasa Rusia, setelah seorang analis yang kurang dikenal mengutip pengusaha di Turkmenistan yang memiliki kenalan di badan keamanan dan mengonfirmasi informasi tersebut saat wawancara dengan radio Moskwa.

Kedutaan Turkmenistan di Moskwa langsung membantah laporan itu di hari yang sama dan mengatakan bahwa presiden hanya sedang berlibur.

Seperti presiden sebelumnya, Berdymukhamedov juga dibuntuti oleh isu tentang kesehatannya yang buruk, bahkan ketika media pemerintah menggambarkannya sebagai ahli berkuda, pembalap handal, dan pengendara sepeda yang gesit.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/07/16011661/bantah-isu-meninggal-presiden-turkmenistan-tampil-saat-liburan-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke