Salin Artikel

Presiden Brasil: Saya Cinta Israel

Kunjungan Bolsonaro ke Israel juga diadakan menjelang pemilu yang dijadwalkan digelar pada 9 April mendatang. Dia tiba di bandara internasional Ben Gurion di Lod, tenggara Tel Aviv.

Dalam sambutannya, Bolsonaro sempat menyampaikan dalam bahasa Ibrani, "Ani ohev et Israel" atau yang berarti "Saya cinta Israel".

Israel menjadi negara di luar benua Amerika pertama yang dikunjungi Bolsonaro, menjadikan hubungan kedua negara semakin meningkat, seperti disampaikan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dalam sambutannya.

"Ketika Anda mulai menjabat pada Januari, kami membuka era baru dalam hubungan Israel dengan Brasil. Dan kini dalam kunjungan pertama Anda di luar benua Amerika, Anda berada di Israel untuk membawa hubungan kita ke tingkat yang baru," kata Netanyahu.

Netanyahu juga membahas tentang ketegangan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza dan mengatkan telah mengerahkan pasukan bersenjatanya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan selama kunjungan Bolsonaro.

"Pak Presiden, Anda datang saat terjadinya ketegangan dan karena itu saya telah memerintahkan pasukan IDF untuk dikerahkan dengan kekuatan penuh di sekitar Jalur Gaza."

"Kami mengerahkan tank, pasukan artileri, pasukan darat, dan pasukan udara. Kami siap menghadapi skenario apa pun dan jika terpaksa. Kami melaklukan apa yang harus dilakukan demi keamanan Israel," ujar Netanyahu.

Bolsonaro sebelumnya juga telah berulang kali menjanjikan bakal memindahkan kedutaan besar Brasil untuk Israel ke Yerusalem.

Dia bahkan sempat menyebut Israel sebagai negara berdaulat dan akan menghormati mereka, serta menegaskan niatan untuk memindahkan kedutaan besarnya, seperti dalam janji kampanyenya.

Namun Bolsonaro tampaknya memutuskan untuk memundurkan rencana pemindahan tersebut,

Menurut Menterli Luar Negeri Brasil, Ernesto Araujo, pemerintah saat ini masih mempelajari rencana pemindahan kedutaan.

Sebelumnya, pada Januari, wakil presiden Brasil, Jenderal Hamilton Mourao telah bertemu duta besar Palestina untuk Brasil dan mengatakan bahwa pemindahan kedutaan belum akan terjadi saat ini.

"Brasil saat ini, tidak berpikir untuk memindahkan kedutaan (ke Yerusalem)," ujar Araujo, dikutip Times of Israel.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/02/20200501/presiden-brasil-saya-cinta-israel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.