Salin Artikel

Seni Kertas di Museum Louvre Paris Dirusak Pengunjung, Dijadikan Oleh-oleh

Sebagaimana dikutip dari ABC, akhir Maret lalu museum ini genap berusia 30 tahun.

Sebagai bentuk perayaan, seorang seniman visual bernama Jean Rene (JR), membubuhkan sebuah karya seni di halaman sekitar bangunan piramida.

Ia menyulap Louvre seolah-olah terlihat lebih besar, dengan bagian dasar yang muncul dari tengah bebatuan.

JR menciptakan sebuah ilusi optik dengan begitu sempurna, bangunan piramida yang sesungguhnya terlihat hanya seperti pucuk dari sebuah piramida yang jauh lebih besar ukurannya.

Dibantu 400-an relawan, ia menempelkan kertas berukuran besar di lantai sekeliling piramida. Selama berjam-jam, mereka berhasil menyelesaikan karya itu hingga terlihat pemandangan Louvre yang berbeda.

Karya visual semacam ini pernah juga dibuat oleh JR di tempat yang sama tiga tahun lalu. Saat itu, Louvre yang memiliki tinggi 21 meter dibuat seolah-olah menghilang di balik foto raksasa berwarna hitam putih.

Sementara karya terbarunya ini, hanya akan terlihat jika dilihat dari tempat tertentu, misalnya dari ketinggian atap museum.

Dinilai terlalu menyulitkan pengunjung, ia memasang dua layar besar di sekitar piramida, berisi rekaman lokasi dari atas. Hal itu memungkinkan pengunjung yang ada di sekitar Louvre untuk dapat menikmati instalasi buatannya dari tempat mereka berdiri.

Sayangnya, keindahan ini tidak bertahan lama. Beberapa jam setelah instalasi dibuka untuk umum, kemudian banyak pengunjung mendekat ke arah layar. Karya JR pun perlahan rusak karena kertas-kertasnya dirobek oleh pengunjung.

Bukan karena tidak menyukainya, pengunjung menyobek kertas yang ditempel oleh JR dan timnya itu karena ingin menjadikannya oleh-oleh, sebagai kenang-kenangan.

Mengetahui karyanya dirusak oleh perbuatan vandal pengunjung, JR tidak mempermasalahkannya.

"Gambar itu seperti hidup ini, tidak abadi. Meski sudah hilang, karya akan selalu hidup dengan caranya sendiri. Sinar matahari membantu proses pengeringan lem, langkah orang-orang menghancurkan kertas tipis itu. Proses karya ini adalah meliputi kerja para relawan, pengunjung, dan pemburu oleh-oleh," tulisnya, melalui akun Twitter @JRart.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/02/19450991/seni-kertas-di-museum-louvre-paris-dirusak-pengunjung-dijadikan-oleh

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke