Salin Artikel

Anggota "Girlband" Thailand BNK48 Bersedia Belajar soal Holocaust

Sebelumnya, terekam seorang anggota BNK48 mengenakan kaus dengan simbol swastika Nazi di panggung saat sedang gladi bersih untuk acara televisi.

Melansir BBC, Minggu (27/1/2019), foto-foto dari anggota BNK38 bernama Pichayapa "Namsai" Natha memakai T-shirt itu beredar pada akhir pekan ini hingga menyebabkan kedutaan besar Israel terkejut dan cemas.

"Menghadirkan simbol-simbol Nazi oleh penyanyi band melukai perasaan jutaan orang di seluruh dunia, yang kerabatnya dibunuh oleg Nazi," demikian pernyataan Wakil Dubes Israel untuk Thailand, Smadar Shapira.

Namun dibalik pemakaian baju swastika tersebut, terdapat fakta bahwa banyak warga Thailand mengaku tidak mengetahui sejarah Nazi dalam Perang Dunia II.

Meski memicu kritikan, beberapa penggemar menyebut mereka tidak tahu apa arti dari simbol Nazi tersebut.

"Saya mengerti hal tersebut muncul karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran. Saya senang mereka setuju untuk mengadakan kegiatan pendidikan," kicau Shapira.

"Pakaian dengan cetakan gambar tidak pantas telah menyebabkan kegelisahan dan kesusahan bagi mereka yang tedampak pada insiden masa lalu dan kejahatan kemanusiaan di seluruh dunia," demikian pernyataan BNK48.

"Kami akan melakukan segala upaya untuk memastikan insiden semacam ini tidak akan pernah terjadi lagi," imbuhnya.

Dalam sebuah konser pada Sabtu lalu, Namsai juga meminta maaf dan akan berupaya mendapatkan informasi yang lebih baik.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/28/07370141/anggota-girlband-thailand-bnk48-bersedia-belajar-soal-holocaust

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke