Salin Artikel

Calon Presiden Brasil Jair Bolsonaro Ditikam saat Kampanye

BRASIL, KOMPAS.com—Kandidat Presiden Brasil yang diunggulkan sejumlah jajak pendapat, Jair Bolsonaro, mengalami insiden penikaman di tengah keramaian, Kamis (6/9/2018) petang waktu setempat atau Jumat (8/9/2018) dini hari WIB.

Seperti terlihat dalam video yang diunggah pemilik akun Twitter @zonegif, Bolsonaro terkena tikaman di perut kanannya. Insiden ini terjadi di tengah kegiatan kampanyenya menjelang pemilu yang dijadwalkan berlangsung bulan depan. 

Juiz de Fora merupakan kota di wilayah Minas Gerais di kawasan selatan Brasil, berjarak sekitar 186 kilometer di utara Rio de Janeiro, berdasarkan perhitungan jarak di aplikasi Google Maps.

Brasil dijadwalkan menggelar Pemilu Presiden pada 7 Oktober 2018. Bolsonaro merupakan kandidat yang saat ini unggul di jajak pendapat, antara lain seperti kumpulan hasil survei yang dilansir BNP Paribas dengan sumber data dari Datafolha, CNT/MDA, dan Ipespe (XP Investments).

Dukungan untuk Bolsonaro diperkirakan hanya kalah dari Lula da Silva, mantan presiden yang sedianya akan berlaga dalam pemilu mendatang. Namun, Lula pada April 2018 dijatuhi hukuman penjara 12 tahun oleh pengadilan dalam perkara korupsi.

Pemilu Brasil mendapat cukup banyak sorotan, baik dari sisi politik maupun ekonomi. Dinamika politik dan ekonomi di negara ini rentan berdampak pada negara-negara di sekitarnya bahkan dunia.

Dari sisi politik, Pemilu Brasil memunculkan kandidat yang sama-sama menjadi sorotan. Lula karena kasus korupsi, misalnya, sementara Bolsonaro juga dianggap bakal mengembalikan Brasil ke rezim militeristik.

Di sektor ekonomi, Brasil pernah digadang-gadang menjadi salah satu negara berkembang yang bakal melejit bersama India, China, Afrika Selatan, dan Rusia, sampai muncul terminologi BRICS.

Namun, korupsi dan dinamika politik justru menyeret negara ini pada gonjang-ganjing ekonomi dan dampaknya dikhawatirkan menjalar ke negara-negara lain.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/07/03420041/calon-presiden-brasil-jair-bolsonaro-ditikam-saat-kampanye

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke