Salin Artikel

Menhan Israel: Tujuan Akhir Kami adalah Kejatuhan Hamas di Gaza

Pernyataan tersebut ditulis Lieberman di akun Facebook-nya. Sebagaimana diwartakan The Times of Israel Senin (20/8/2018).

Lieberman menjelaskan, ketika penarikan dari Gaza pada 2005, publik dan kabinet keamanan Israel mengajukan satu pertanyaan.

"Apa yang terjadi dengan Jalur Gaza pada akhirnya? Apakah ada solusinya? Apa tujuan akhir dari Jalur Gaza?" tulis Lieberman.

Menhan yang menjabat sejak 2016 itu lalu mengemukakan tujuan akhirnya; menghapus Hamas dari kekuasaannya, atau mencoba pendekatan baru.

Ketua Partai Yisrael Beytenu itu berujar, ada dua cara memperoleh target itu. Pertama, mengerahkan operasi militer yang berakibat banyaknya korban jiwa.

Atau, mengajak rakyat Gaza untuk berinisiatif menjatuhkan Hamas. Langkan bakal memberikan kesempatan bagi mereka untuk membangun Gaza.

"Mereka tidak akan dicap Zionis. Mereka bakal mendapatkan kemudahan dan keuntungan dari kerja sama ekonomi, serta meningkatkan standar hidup," ujar Lieberman.

Menteri 60 tahun itu melanjutkan, solusi yang dia usulkan merupakan langkah jangka panjang untuk meningkatkan kehidupan kedua belah pihak.

Pernyataan Lieberman terjadi setelah koleganya, Menteri Pendidikan Naftali Bennett, meminta agar tidak dilaksanakannya kesepakatan dengan Hamas.

Bennett menyebut organisasi pimpinan Ismail Haniya itu laksana mafia Italia ketika hijrah ke Amerika Serikat (AS).

Mafia itu berdandan layaknya pengusaha. Kemudian mereka menyabotase bisnis, mengancam pekerja, dan menawarkan perlindungan berbayar.

"Itu yang sedang dilakukan kepada Israel. Kesepakatan apapun yang dibuat bisa mendatangkan perang," tutur Bennett.

Meski menyatakan Israel tidak akan tunduk kepada Hamas, Bennett menegaskan pernyataannya bukan sebuah ajakan untuk menggelar operasi militer.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/20/18204411/menhan-israel-tujuan-akhir-kami-adalah-kejatuhan-hamas-di-gaza

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.