Salin Artikel

Akhiri Perselisihan 27 Tahun dengan Yunani, Macedonia Dapat Nama Baru

Kesepakatan itu merupakan awal bersejarah bagi perubahan nama negara kecil Balkan menjadi Republik Macedonia Utara.

"Ini merupakan langkah yang berani, bersejarah, dan penting bagi rakyat kami," kata Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras.

"Kami di sini untuk menyembuhkan luka waktu, untuk membuka jalan bagi perdamaian, persaudaraan, dan pertumbuhan bagi negara-negara kami, Balkan dan Eropa," katanya.

Perdana Menteri Macedonia Zoran Zaev mengatakan, kedua negara harus melangkah keluar dari masa lalu dan menatap masa depan.

"Rakyat kami menginginkan perdamaian. Kami akan menjadi mitra dan sekutu," ucapnya.

Zaev dan beberapa menterinya tiba di sebuah desa nelayan yang indah di Yunani, Psarades, dengan menumpang speedboat. Desa itu terletak di tepi Danau Prespa yang merupakan salah satu batas alam antara kedua negara.

Tsipras dan Zaev berpelukan di dermaga desa dan mendapat sambutan tepuk tangan meriah dari para pejabat yang berkumpul.

Setelah menandatangani perjanjian, Tsipras menyeberang ke sisi Macedonia untuk makan siang. Dia menjadi perdana menteri Yunani pertama yang mengunjungi negara itu.

Macedonia dan Yunani terlibat dalam perselisihan diplomatik terlama di dunia dan yang paling misterius.

Konflik dimulai ketika Macedonia mendeklarasikan kemerdekaan pada 27 tahun lalu, namun perselisihan telah berakar berabad-abad silam.

Sejak 1991, Yunani keberatan dengan nama "Macedonia" untuk negara tetangganya itu, sebab nama yang sama merupakan nama sebuah provinsi di Yunani.

Provinsi Macedonia merupakan tempat kelahiran Alexander Agung yang menjadi sumber kebanggaan kuat bagi orang Yunani zaman modern.

Parlemen Macedonia dijadwalkan akan mulai memperdebatkan kesepakatan tersebut pada pekan depan.

Apabila perjanjian antara kedua negara yang ditandatangani perdana menteri masing-masing disetujui parlemen Macedonia, maka nama baru akan lulus referendum.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/17/18150571/akhiri-perselisihan-27-tahun-dengan-yunani-macedonia-dapat-nama-baru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.