Salin Artikel

Korut Dilaporkan Bangun Terowongan untuk Uji Coba Nuklir

Terowongan tersebut dibangun di sekitar kawasan situs uji coba nuklir Punggye-ri. Diduga, pembangunan tersebut berkaitan dengan uji coba nuklir Korut selanjutnya.

38North, dilansir dari AFP Jumat (12/1/2018) menyatakan, dari citra satelit terpampang aktivitas di Punggye-ri.

38North mengabarkan, sejumlah pekerja terlihat di citra satelit bersama sejumlah alat berat untuk menambang mulai melakukan kegiatan pengerukan di sisi barat.

"Aktivitas tersebut menunjukkan Korut masih melanjutkan usaha untuk memastikan situs Punggye-ri bisa digunakan untuk uji coba nuklir," demikian reportase 38North.

Citra satelit tersebut, kata 38North, diambil Desember 2017. Atau sebelum pemimpin Korut, Kim Jong Un, berpidato tentang ajakan membangun dialog dengan Korea Selatan (Korsel) saat Tahun Baru (1/1/2018).

38North melanjutkan, lima dari enam kali uji coba nuklir yang dilakukan Korut terletak Terowongan Utara di Punggye-ri yang berada di bawa Gunung Mantap.

Pasca-uji coba terakhir 3 September 2017, di mana Korut mengklaim mencoba termonuklir yang diklaim sebagai bom terkuat, Punggye-ri mulai mengalami serangkaian gempa.

Oleh sejumlah pakar geologi, seringnya gempa di Punggye-ri disebabkan kawasan di sana mulai mengalami fenomena "Sindrom Gunung Lelah".

Sindrom tersebut merupakan efek dari seringnya kawasan itu menjadi lokasi percobaan nuklir. Akibatnya, batuan di sana menjadi rapuh, dan tanah menjadi sering longsor.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/12/10503981/korut-dilaporkan-bangun-terowongan-untuk-uji-coba-nuklir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke