Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip "The Beast", Mobil Dinas Presiden Amerika Serikat

Kompas.com - 23/05/2017, 07:33 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Salah satu hal paling menarik dalam kunjungan perdana Presiden AS Donald Trump ke Arab Saudi adalah mobil kepresidenannya.

Pemerintah Amerika Serikat membawa sendiri mobil kepresidenan yang dijuluki "The Beast" itu dalam kunjungan kenegaraan tersebut.

Mobil buatan General Motors dengan nama resmi Cadillac One itu memang istimewa. Mobil ini berbobot 8 ton dan memiliki pintu dengan kualitas setara pintu Boeing 747.

Baca: Sudi: Setelah 69 Tahun Merdeka, Indonesia Punya Pesawat Kepresidenan

Mobil ini dirancang untuk melindungi presiden dari kemungkinan serangan. Selain tahan peluru, mobil ini juga bisa bertahan dari serangan senjata kimia dan biologi.

Pemerintah Amerika Serikat memiliki 12 "The Beast" yang ditempatkan di berbagai lokasi di dunia. Mobil ini akan diterbangkan ke mana saya saat presiden melakukan kunjungan kerja.

Mobil berharga 15 juta dolar AS atau hampir Rp 200 miliar ini tak ubahnya sebuah pangkalan militer bergerak.

Mobil ini dilengkapi pelontar gas air mata, senjata otomatis, kamera malam beresolusi tinggi, peralatan navigasi GPS, dan perangkat komunikasi satelit.

Bahkan, tangki bahan bakar pun dipersenjatai dengan semacam busa yang mencegah tangki bahan bakar langsung meledak saat terkena tembakan langsung.

The Beast juga dilindungi lapisan kevlar yang melindungi seluruh bagian mobil ini hingga keempat rodanya dari peluru atau bahan peledak.

Bahkan dalam kondisi terburuk, kerangka bajanya tetap bisa menopang keseluruhan rancangan mobil sehingga tetap dalam posisi stabil untuk dikemudikan meski salah satu rodanya meledak.

Tentu saja mobil ini juga dilengkapi dengan tabung oksigen dan kantung darah yang sesuai dengan golongan darah sang presiden jika diperlukan dalam kondisi darurat.

Bagaimana jika masa pakai mobil ini sudah habis? Biasanya, mobil ini akan dihancurkan dan Secret Service ikut dalam pemusnahan mobil ini.

Baca: Inilah Pesawat Kepresidenan Korea Utara

Biasanya para agen pemerintah menggunakan peluru dan bahan peledak untuk keperluan ini.

Peluru digunakan untuk merusak sekaligus menunjukkan kapabilitas mobil itu menahan tembakan. Sementara bahan peledak digunakan untuk menghancurkan agar rahasia mobil ini tak diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com