Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Pesawat Kepresidenan Korea Utara

Kompas.com - 12/05/2014, 22:45 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com -- Tak hanya Presiden AS Barack Obama saja yang selalu menunggang pesawat kepresidenan Air Force One saat bertugas.

Ternyata, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un juga memiliki pesawat kepresidenan. Untuk pertama kalinya, foto-foto pesawat kepresidenan Korea Utara itu dirilis harian Rodong Sinmun.

Dalam  foto itu terlihat sebuah pesawat Ilyushin Il-62 buatan Rusia yang dijadikan pesawat kepresidenan. Pesawat inilah yang mengantarkan Kim Jong Un dalam berbagai kunjungan kerja ke seluruh Korea Utara.

Sekilas pandang, pesawat Il-62 ini sangat mirip dengan Air Force One. Bedanya, di badan pesawat ini terdapat nama resmi Korea Utara, bendera negara, dan sebuah bintang di ekornya.

Sebuah foto resmi yang dimuat Rodong Sinmun memperlihatkan Kim Jong Un dan istrinya berjalan di atas karpet merah dan disambut sepasukan tentara, saat keduanya menghadiri sebuah kompetisi tempur di sebuah lokasi yang disebutkan.

Sejumlah media Korea Selatan menyimpulkan, Kim Jong Un tampaknya senang menunjukkan bahwa tak seperti ayahnya Kim Jong Il, dia tidak dihinggapi fobia terbang.

Semasa hidupnya, Kim Jong Il selalu menggunakan kereta api khusus yang dilengkapi persenjataan untuk bepergian.

Bahkan, Kim Jong Un kabarnya sering mencoba sendiri mengendalikan pesawat itu, meski sejauh ini tidak diperoleh informasi bahwa Kim Jong Un memiliki kualifikasi sebagai pilot.

Sang istri, Ri Sol Ju, kabarnya juga mendukung pilihan suaminya menggunakan pesawat untuk mengunjungi berbagai daerah di Korea Utara ketimbang menggunakan jalur darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com