Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,7 Magnitudo Guncang Tanzania, 13 Tewas

Kompas.com - 11/09/2016, 15:25 WIB

DAR ES SALAAM, KOMPAS.com - Setidaknya 13 orang tewas dan 203 lainnya terluka akibat gempa berkekuatan 5,7 magnitudo menggoyang wilayah barat laut Tanzania, Sabtu (19/9/2016).

"Jumlah korban tewas meningkat dari 11 menjadi 13 orang dan yang terluka dari 192 menjadi 203 orang," kata Deodatus Kinawilo, komisioner distrik Bukoba, kota di dekat pusat gempa.

"Saat ini situasi sudah kembali tenang dan terkendali. Beberapa warga sudah diizinkan pulang setelah dirawat di rumah sakit," gtambah Deodatus.

Sebelumnya, warga kota Bukoba mengatakan beberapa bangunan rumah hancur dan aparat  keamanan langsung melakukan operasi pencarian korban/

Pusat gempa yang terjadi pada pukul 12.27 GMT atau 18.27 WIB itu terletak 25 kilometer sebelah timur kota Nsunga yang terletak tak jauh dari Danau Victoria.

Gempa bumi ini dirasakan diseluruh wilayah provinsi Kagera hingga sebagian wilayah Mwanza di sebelah selatan lokasi gempa.

Guncangan juga dirasakan di ibu kota finansial Tanzania, Dar Es Salaam yang berjarak 1.400 kilometer dari lokasi gempa tetapi tak menimbulkan kerusakan berarti.

Gempa ini juga dirasakan hingga ke Rwanda, Burundi, Uganda dan Kenya. Demikian disampaikan Badan Survei Geologi AS (USGS).

Gempa bumi kerap terjadi di kawasan sekitar danau besar itu tetapi sebagian besar berkekuatan sangat rendah sehingga tak dirasakan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com