Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monyet Tertua di Amerika Utara Rayakan Ultah Ke-33

Kompas.com - 08/09/2016, 11:00 WIB

APPLE VALLEY, KOMPAS.com — Monyet salju (the Japanese macaque), yang diyakini sebagai monyet tertua di Amerika Utara, merayakan ulang tahun yang ke-33 di kebun binatang Minnesota, Amerika Serikat.

Pengelola kebun binatang Minnesota membagikan foto-foto dan video perayaan ulang tahun monyet bernama Nikko itu pada 7 September 2016. 

"Salah satu koleksi kebun binatang Minnesota, monyet salju bernama Nikko, merayakan ulang tahun ke-33 pada Rabu, 7 September. Sebuah capaian umur yang luar biasa untuk spesies ini," tulis pihak kebun binatang. 

Diberitakan laman UPI, Kamis (8/9/2016), Nikko terlihat masih lincah bermain dan melompat bersama sejumlah monyet salju lainnya. 

"Nikko tiba di kebun binatang ini pada tahun 2001. Sejak saat itu dia menjadi salah satu primadona di tempat ini," kata kurator kebun binatang Minnesota, Tom Ness.

Nikko tercatat mencapai masa hidup 99,5 persen lebih panjang dari hewan sejenis. Ness meyakini, kepribadian Nikko yang membuatnya bisa berumur panjang. 

"Sebagai salah satu pejantan yang dominan, dia selalu berbaring, membantu menciptakan kedamaian di antara kawanannya," kata Ness.

"Gaya itu bukan tipe monyet salju pejantan. Kepribadian itu yang mungkin menyebabkan dia hidup dua kali lebih panjang dari monyet sejenis," ujar Ness.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com