Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Vietnam Potong Tangan dan Kaki demi Klaim Asuransi

Kompas.com - 25/08/2016, 17:24 WIB

HANOI, KOMPAS.com – Media Vietnam, Kamis (25/8/2016), melaporkan, seorang wanita membayar temannya untuk memotong tangan dan kakinya sebagai upaya untuk mengajukan klaim asuransi.

Wanita, yang diidentifikasi hanya sebagai LTN, telah dirawat ke rumah sakit Hanoi, sejak Mei lalu akibat  sepertiga kaki kiri dan sepertiga tangan kirinya putus.

Kantor berita Agence France-Presse melaporkan, dokter saat itu mengatakan bahwa mereka tidak bisa memasang kembali anggota badan LTN.

Kemudian wanita itu mengatakan kepada polisi bawah kaki dan tangan kirinya buntung karena disambar kereta api saat ia berjalan menyusuri rel.

Temannya, DVD, menyelamatkan LTN sebagaimana dilaporkan oleh media pemerintah Vietnam, Tuoi Tre, edisi bahasa Inggris.

Wanita berusia 30 tahun itu lalu mengajukan klaim kepada perusahaan asuransinya sebesar 3,5 miliar dong atau sekitar Rp 2,1 miliar. Jumlah itu sangat besar bagi rakyat Vietnam yang berpenghasilan rendah.

Namun, pihak berwenang mencurigai klaim yang diajukan wanita tersebut. Dari hasil penyelidikan diketahui, LTN menyewa DVD untuk memotong tangan dan kakinya.

“Kemudian dia selanjutnya memberikan informasi palsu kepada polisi," kata Kepala Polisi Bac Tu Liem Nguyen Thanh Tung, kata surat khabar tersebut.

Polisi Hanoi menolak berkomentar tentang kasus ini, namun laporan mengatakan wanita itu menawarkan temannya sekitar  2.000 dollar AS untuk jasa amputasi tangan dan kakinya itu.

"Rasa malu terbesar adalah bahwa LTN, bukannya mendapatkan klaimnya, tetapi ia telah menderita kerugian besar akibat kehilangan sebagian tangan dan kakinya," kata Tung.

Wanita itu sedang dirawat karena luka-lukanya. Polisi sedang mengembangkan penyelidikan apakah wanita itu dapat disangkakan dengan konspirasi untuk mencuri aset.

"Kasusnya mengirimkan peringatan bahwa orang tidak harus berusaha menipu asuransi dengan mengorbankan kesehatan mereka sendiri," kata Tung, menambahkan itu adalah kasus pertama dari yang pernah terjadi di Vietnam.

Tidak jelas apakah DVD dijanjikan akan mendapat bagian juga jika klaim asuransinya berhasil dicairkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com