Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Maskapai Delta Salah Mendarat di Pangkalan AU

Kompas.com - 09/07/2016, 18:10 WIB

PIERRE, KOMPAS.com - Sebuah pesawat jet penumpang secara tak sengaja mendarat di sebuah pangkalan angkatan udara di Dakota Selatan, AS, melenceng 16 kilometer dari tujuan seharusnya.

Sebuah Airbus A320 milik maskapai penerbangan Delta yang membawa 130 penumpang mendarat di pangkalan udara Ellsworth dan bukan di bandara regional Rapid City yang menjadi tujuannya.

Landas pacu kedua bandara itu memang sama-sama mengarah dari barat laut ke tenggara sehingga kemungkinan terlihat sama dari udara.

Para penumpang Delta dengan nomor penerbangan 2845 kepada harian Rapid City Journal mengatakan, setelah mendarat di Ellsworth mereka harus menunggu 2,5 jam di dalam pesawat sementara personel militer masuk ke kabin sambil membawa anjing pelacak.

Setelah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan "bersih" pesawat itu kemudian terbang ke tujuan seharusnya yaitu bandara Rapid City.

Badan Pengawas Penerbangan Federal (FAA) dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) tengah melakukan investigasi insiden tersebut.

Sementara itu, Kolonel Gentry Boswell, komandan Skuadron Pengebom ke-28 yang berbasis di Ellsworth menceritakan kejadian tersebut kepada ABC News.

"Pengendali lalu lintas udara memberi instruksi kepada pesawat Delta dan menunjukkan kedua landas pacu kepada kru pesawat untuk memastikan identifikasi bandara yang benar dan kru Delta mengatakan sudah melihat landas pacu bandara Rapid City," kata Boswell.

"Ini adalah sebuah penerobosan keamanan pangkalan udara kami dan memberikan potensi keamanan terhadap penerbang dan sumber daya kami," tambah Boswell.

"Insiden semacam ini bisa terjadi jika pilot gagal melakukan langkah-langkah mendasar dalam penerbangan," tambah sang kolonel.

Sementara itu, manajemen Delta mengatakan, sudah meminta maaf kepada para penumpang terkait insiden tersebut dan akan bekerja sama dalam investigasi.

Menurut FAA, sebuah pesawat milik maskapai Northwest Airlines juga tengah menuju bandara Rapid City pernah mendarat secara tak sengaja di pangkalan udara Ellsworth pada 2004.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com