Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Minyak Mentah Dunia Hanya Cukup untuk 70 Tahun

Kompas.com - 07/07/2016, 19:14 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah lembaga konsultan Norwegia, Rystad Energy menyebut AS kini melampaui Arab Saudi dan Rusia dalam hal besaran cadangan minyak mentah.

"Kami sudah melakukan penelitian ini tiap tahun dan ini adalah kali pertama kami melihat AS berada di atas Arab Saudi dan Rusia," kata Pern Magnus Nysveen, kepala analis Rystan Energy.

Dia menyebutkan, peningkatan penemuan cadangan minyak di basin Permian, Texas selama dua tahun terakhir menjadi penyebab "prestasi" AS ini.

Laporan Rystad ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), terlalu membesar-besarkan cadangan minyak berdasarkan survei yang mereka lakukan sendiri.

Rystad mengungkapkan, AS kini memiliki cadangan minyak mentah sebanyak 264 miliar barel, di atas Rusia dengan cadangan 256 miliar barel dan Arab Saudi yang "hanya" 212 miliar barel minyak mentah.

Meski demikian, analis Rystad memberi kesimpulan mengerikan terkait masa depan minyak bumi.

Lembaga ini menyebut dengan kecepatan produksi saat ii maka cadangan minyak dunia hanya akan bertahan selama 70 tahun, padahal jumlah kendaraan bermotor akan berlipat ganda dalam 30 tahun ke depan.

"Sudah sangat jelas minyak bumi saja tak dapat memenuhi kebutuhan akan transportasi individual yang terus meningkat," demikian laporan Rystad.

Mobil listrik masih berjumlah sangat kecil saat ini dan Nysveen memperikrakan dalam 30 tahun, jumlah mobil listrik di negara Barat akan meningkat tetapi tetap tak "masuk akal" di negara-negara yang kesulitan energi listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com