Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis 6 Tahun Temukan Medali Emas Olimpiade yang Dicuri 24 Tahun Lalu

Kompas.com - 21/06/2016, 15:22 WIB

ATLANTA, KOMPAS.com -  Medali emas Olimpiade 1992, yang dicuri dari mobil pemiliknya, juara kano Joe Jacobi (46), telah ditemukan akhir pekan lalu.

Seperti dirilis Reuters, Selasa (21/6/2016), medali emas itu ditemukan oleh seorang gadis berusia enam tahun dan sudah kembali kepada pemiliknya.

Gadis kecil itu menemukan medali di area penuh dengan pepohonan ketika ia berjalan-jalan bersama dengan keluarganya pada Sabtu (17/6/2016) di Atlanta, Amerika Serikat.

Keluarga tersebut lalu menghubungi Joe Jabobi melalui laman yang dibuatnya setelah medali emas itu dicuri pada 24 tahun silam.

Jabobi mendapat medali emas itu atas kejuaraannya dalam lomba kano ganda pada Olimpiade di Barcelona, Spanyol tahun 1992.

Menurut Jacobi, ketika ditemukan, tatakan medali itu sudah lepas. Namun, secara keseluruhan medali masih teatp utuh,

Jacobi  memamerkan medali itu ketika membicarakan masalah penemuan kembali medali dalam wawancara tunda di televisi Atlanta.

Dia berada di dalam rumah makan ketika tiga pria yang menumpang sebuah mobil memecahkan kaca jendela kendaraannya yang diparkir di halaman rumah makan.

Jacobi yang bermukim di Tennessee, meluncurkan kampanye di media sosial bersama istrinya untuk menemukan kembali medali tersebut.

Meskipun medali tersebut kemungkinan bisa diperbaiki seperti bentuk aslinya, namun Jacobi mengatakan akan menyimpan apa adanya.

Hal itu dilakukannya  untuk mengenang cerita kehilangan dan penemuannya kembali. "Ini cukup baik, apa adanya," katanya per telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com