Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamuan Makan Malam Castro untuk Obama, dan Kritik Musisi Kuba...

Kompas.com - 22/03/2016, 10:30 WIB
HAVANA, KOMPAS.com - Sambutan Presiden Kuba Raul Castro kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama berlanjut dengan jamuan makan malam yang digelar di Istana Revolusi, di Havana, Senin (21/3/2016) waktu setempat.

Obama didampingi Ibu Negara Michelle Obama hadir dalam jamuan itu bersama pejabat-pejabat senior Gedung Putih dan sejumlah anggota Kongres.

Pertemuan itu menambah rentetan sejarah dalam langkah diplomasi kedua kepala negara. Sebelumnya, Castro pun melakukan hal langka dengan berbicara dalam konferensi pers yang disiarkan langsung oleh jaringan televisi di Kuba. 

Baca: Sebuah Kejutan ketika Presiden Castro Jawab Pertanyaan Wartawan...

Seperti dilaporkan Kantor Berita Associates Press, jamuan kenegaraan malam ini dilengkapi dengan suguhan musk dari Failde Youth Band, sebuah grup musik khas Kuba.

Menu yang disajikan adalah udang, krim sup bumbu rum, dan hidangan tradisional babi dengan nasi. Tak lupa, cerutu Kuba pun disajikan dalam acara ini. 

Hati-hati
Terkait kunjungan ini, Silvio Rodriguez, salah satu musisi terkenal Kuba mengaku senang dengan mencairnya hubungan antara kedua negara. Namun dia tetap memandang penting untuk berhati-hati dengan sejarah di masa lalu. 

"Yang tak terlupakan dari dimulainya sengketa dulu adalah ketika tetangga kita tidak tahan dengan fakta bahwa kita memutuskan apa yang harus kita dilakukan di rumah kita sendiri."  Demikian Silvio Rodriguez menuliskan pendapatnya itu di dalam blog pribadinya.

Menyinggung tentang AS, Rodriguez pun mengatakan, AS terbiasa mendapatkan apapun yang mereka inginkan, termasuk dengan Kuba. "Mereka tidak hanya menyangkal pembicaraan yang ada, tapi pun membuat perang," ungkap dia.  

Selama ini, Rodriguez dianggap sebagai salah satu figur penting dari gerakan "nueva trova" di Kuba. Sebuah gerakan yang mendukung cita-cita Fidel Castro di Kuba. Dia pun dikenal sebagai pendukung revolusi Kuba.

Sebagian besar karya yang dihasilkan Rodriguez berbau politik dengan lirik dan tema mengacu kepada gerakan revolusi Kuba.

Baca: Presiden Obama Berharap Bisa Bertemu Fidel Castro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com