Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Berharap Bisa Bertemu Fidel Castro

Kompas.com - 22/03/2016, 07:51 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berharap suatu saat nanti dapat bertemu dengan mantan Presiden Kuba Fidel Castro. 

Dalam sebuah wawancara dengan "World News Tonight with David Muir," di Havana, Senin malam waktu setempat (21/3/2016), Obama memastikan dia tak memiliki masalah untuk bertemu dengan Fidel Castro.

Seperti dikutip dari Kantor Berita Ssociated Press, menurut Obama, pertemuan itu dapat menjadi simbol dari berakhirnya periode perang dingin antara kedua negara.

Namun, Presiden Obama mengaku belum mendapat ide kapan pertemuan itu bisa digelar.

Obama lalu mengatakan, pertemuan itu hanya dapat terjadi jika tokoh yang kini berusia 89 tahun itu berada dalam kondisi yang cukup sehat.  Sementara, saat ini dikabarkan Castro sedang dalam kondisi yang lemah.

Selain itu, sejak awal merancang perjalanan ke Kuba, pihak Gedung Putih memang tidak menjadwalkan pertemuan antara Obama dan Fidel Castro.

Obama menitikberatkan kunjungan tiga harinya itu pada potensi kerjasama ekonomi dan reformasi hubungan antara kedua negara.

Ada yang menyebut, pertemuan dengan mantan pemimpin revolusioner Kuba itu hanya akan melemahkan tujuan perjalanan Obama.

Menanggapi pernyataan Obama, Deputi Presiden AS bidang keamanan nasional Ben Rhodes kepada wartawan di Washington, mengatakan, kedua pihak menyepakati pertemuan yang terjadwal saat ini.  

Rhodes menegaskan, Presiden Obama pun hanya mengungkapkan kemungkinan bertemu dengan Fidel Castro di masa depan.

"Obama berbicara tentang fakta bahwa ada beragam cara tentang bagaimana kita mengakhiri sejarah (perang dingin) kedua negara," tegas Rhodes. 

Baca: Guyuran Hujan, Jalan Sepi, dan Tatapan Tajam Polisi Sambut Obama di Havana...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com