Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Terkait ISIS, 10 Orang di Brussels Dibekuk

Kompas.com - 16/02/2016, 21:23 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com — Polisi Belgia, Selasa (16/2/2016), menangkap 10 orang di wilayah Brussels, Belgia. Mereka diduga menjadi bagian dari jaringan perekrut orang untuk berjuang bersama kelompok garis keras Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Berdasarkan keterangan pejabat kejaksaan setempat, 10 orang tersebut diciduk dalam penggerebekan di Molenbeek dan beberapa wilayah lain di ibu kota Belgia.

Namun, mereka dipastikan tidak terkait dengan serangan maut pada November tahun lalu di Paris, Perancis, meski sebagian dari yang terlibat dalam pembunuhan di Paris berasal dari Molenbeek.

Penyergapan tersebut dilakukan atas perintah hakim kontraterorisme di wilayah timur Kota Liege.

Sejauh ini, Belgia lebih banyak menghasilkan pejuang garis keras dibandingkan dengan negara lain di Eropa.

Sekitar 500 orang Belgia diyakini telah pergi ke medan perjuangan di kawasan Timur Tengah.

Beberapa di antaranya disebut bergabung dengan ISIS, yang mengklaim telah melakukan serangan berdarah di ibu kota Perancis pada November tahun lalu.

Polisi Belgia menahan beberapa orang yang terkait dengan serangan 13 November 2015 di Paris, yang menyebabkan 130 orang tewas dan ratusan cedera. Serangan tersebut diduga dirancang dan digalang dari Belgia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com