Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Ditahan Polisi, Ratusan Dosen Gelar Unjuk Rasa

Kompas.com - 16/02/2016, 17:10 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Ratusan dosen di Universitas Jawaharlal Nehru di New Delhi menggelar aksi mogok kerja, Selasa (16/2/2016).

Aksi ini digelar untuk memprotes penangkapan seorang mahasiswa karena dituduh menghasut saat menggelar unjuk rasa pekan lalu.

"Sebanyak 500 dosen berkumpul di blok admisnistrasi kampus dengan membawa spanduk menunjukkan simpati," kata Om Prasad dari Asosiasi Mahasiswa Seluruh India.

"Mereka menuntut pembebasan segera Kanhaiya dan mencabut semua dakwaan terhadap dia," tambah Prasad, Selasa.

Kanhaiya Kumar, pemimpin serikat mahasiswa, ditangkap setelah dituduh meneriakkan slogan-slogan anti-India dalam sebuah unjuk rasa yang memperingati eksekusi mati seorang separatis Kashmir tiga tahun lalu.

Penangkapan ini disusul aksi unjuk rasa mahasiswa dan dosen akhir pekan lalu di kampus yang memiliki sejarah panjang gerakan sayap kiri itu.

Kumar membantah semua tudingan yang menyebutnya meneriakkan yel-yel anti-India dalam unjuk rasa memperingati hukuman gantung untuk Mohammed Afzal Guru, tokoh separatis Kashmir, pada 2001.

Unjuk rasa menentang eksekusi terhadap Guru biasanya dilakukan di situs bersalju ini di Kashmir, yang berpendapat Guru tidak mendapatkan persidangan yang adil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com