Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kemacetan, Pria Ini Mendayung ke Tempat Kerjanya

Kompas.com - 14/02/2016, 13:16 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Demi menghindari kemacetan lalu lintas, seorang pustakawan asal Bladensburg, Maryland, AS, memiliki cara unik untuk pergi ke tempat kerjanya.

Selama 15 tahun terakhir, Gabriel Horchler (71) pergi ke tempat kerjanya di pusat kota Washington DC dengan cara mendayung perahu fiber glass-nya.

Dulu, dia menunggang sepeda motor untuk berangkat bekerja. Suatu hari, Gabriel dan sepeda motornya terjebak kemacetan parah.

Itulah awalnya dia melirik Sungai Anacostia yang mengalir sejajar dengan jalan yang biasa dia lalui. Lalu, ide mendayung untuk berangkat kerja muncul.

Sejak saat itu, mendayung sudah menjadi kegiatan rutin Gabriel pada pagi hari saat berangkat bekerja.

Karena kediamannya agak jauh dari Sungai Anacostia, Gabriel harus bersepeda selama 15 menit untuk mencapai Bladensburg Waterfront Park, tempat dia menambatkan perahunya.

Lalu, dia mendayung sekitar 8 kilometer ke arah hilir hingga ke tempat dia menambatkan perahu. Selanjutnya, dia kembali bersepeda hingga tiba di Perpustakaan Kongres di Washington DC.

Perjalanannya mendayung memakan waktu 90 menit dan saat pulang dia menggunakan kereta api. Esok harinya, kegiatan Gabriel berubah, dia menggunakan kereta saat berangkat dan mendayung ketika pulang.

"Saya kira tak banyak orang yang memahami ini, tetapi ini adalah cara paling ideal dan sempurna," kata Gabriel kepada harian Bay Journal.

Selain tak terjebak kemacetan, cara yang digunakan Gabriel memberi keuntungan lain, yaitu udara segar, olahraga, dan yang terpenting dia tak berebut jalanan dengan para komuter lainnya.

"Sangat menyenangkan dan menenangkan. Anda memasuki sebuah ritme yang sangat menenangkan. Saya bukan korban kemacetan atau kerusakan kereta api. Saya penguasa sungai," ujar Gabriel.

Secara alami, bertahun-tahun mendayung membuat tubuh Gabriel sangat sehat untuk orang di usianya.

Meski rambutnya memutih dan mengenakan kacamata khas pustakawan, dia menyembunyikan tubuh yang sangat sehat.

"Orang ini (Gabriel) membuat Arnold Schwarzenegger terlihat lemah," kata James Foster, Presiden Komunitas Sungai Anacostia, sambil tergelak.

Gabriel sendiri tak menganggap dirinya lebih sehat dan kuat dibanding mereka yang memilih tetap menggunakan jalan raya dan berkutat dengan kemacetan.

"Namun, saya sangat menghargai ketenangan sungai dan suara dayung di dalam air. Anda melihat sesuatu berbeda setiap hari. Sangat indah," kata dia.

Tentu saja, selama 15 tahun mendayung, Gabriel juga pernah mengalami masalah, misalnya kehujanan, angin yang bertiup kencang, hingga perahu terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com