Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanderaan di Hotel Mali oleh Kelompok Militan, 3 Orang Tewas

Kompas.com - 20/11/2015, 20:00 WIB
BAMAKO, KOMPAS.com — Penyerangan dan penyanderaan terhadap 170 tamu dan 30 pegawai Hotel Radisson Blu di ibu kota Mali, Bamako, dilakukan oleh kelompok militan Islam radikal.

AFP melaporkan, dalam penyanderaan itu, tiga orang tewas akibat terkena tembakan kelompok bersenjata.

Pasukan keamanan Mali menyerbu hotel tersebut dan mampu membebaskan belasan sandera, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Mali kepada AFP.

Sumber di tentara keamanan Mali menyebutkan, para pria militan bersenjata itu berasal dari kelompok Islam radikal. Mereka memasuki halaman tertutup hotel sekitar pukul 07.00 waktu setempat dengan menggunakan sebuah mobil pelat diplomat.

Banyak tamu berada di ruangan hotel saat serangan tersebut terjadi.

Letusan senjata otomatis terdengar di luar hotel yang memiliki 190 kamar itu. Otoritas Mali menyatakan, tiga orang tewas dalam penyanderaan itu. Namun, identitasnya belum diketahui.

Sementara itu, media dari China, Xinhua, melaporkan, di antara sandera itu ada tujuh orang warga China. Selain itu, ada juga kru pesawat maskapai Turki yang terjebak dalam serangan militan tersebut.

Unit polisi paramiliter Perancis spesial penyelamatan sandera berangkat ke Mali, Jumat (20/11/2015), untuk membantu pembebasan sandera.

Tim yang diterjunkan sebanyak 40 personel dari unit GIGN untuk membantu pasukan keamanan Mali menangani penyanderaan di Hotel Radisson Blu, kata juru bicara Menteri Dalam Negeri Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com