Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Palestina Tewas akibat Serangan Udara Israel

Kompas.com - 12/10/2015, 16:21 WIB
JALUR GAZA, KOMPAS.com — Israel mengklaim serangan pesawat tempurnya telah mengenai dua target di Jalur Gaza, menyusul serangan roket Palestina ke selatan Israel.

Militer Israel mengungkapkan, serangan itu telah memporak-porandakan fasilitas pembuatan senjata kelompok Hamas.

Sebaliknya, otoritas Palestina mengklaim seorang perempuan dan seorang anak-anak tewas akibat serangan.

Sementara itu, di Tepi Barat, otoritas setempat menyatakan, seorang bocah lelaki berusia 13 tahun ditembak mati oleh militer Israel saat kerusuhan terjadi di dekat sebuah permukiman Yahudi.

Peristiwa ini disusul serangan balasan yang mengakibatkan empat orang Israel luka-luka.

Sebelumnya, polisi Israel mengungkapkan, seorang perempuan Palestina terluka parah setelah ledakan terjadi di salah satu pos pemeriksaan di Tepi Barat.

Puluhan tewas

Setidaknya 24 warga Palestina dan empat warga Israel tewas dalam berbagai serangan yang terjadi bulan ini, seperti dikutip dari sejumlah kantor berita.

Rentetan peristiwa ini melanjutkan ketegangan yang terjadi selama berminggu-minggu antara kedua pihak terkait akses masuk ke situs bersejarah di Timur Jerusalem, yang disucikan baik oleh orang Yahudi maupun Muslim.

Ketegangan meningkat antara Israel dan Palestina dimulai pertengahan September ketika demonstran Palestina bentrok dengan polisi Israel di masjid Al-Aqsa.

Peristiwa penikaman hari Sabtu (10/10/2015) menambah lagi ketegangan di Jerusalem Timur dan Tepi Barat. Israel menanggapi dengan meningkatkan langkah pengamanan.

Sebelumnya, Hamas menyatakan, seorang pria Palestina yang tertembak dalam bentrokan di kamp pengungsi Shuafat di Jerusalem Timur juga tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com