Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Kucing yang Jadi Kepala Stasiun KA di Jepang Mati

Kompas.com - 26/06/2015, 04:30 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Tama, seekor kucing yang diangkat sebagai 'kepala stasiun kereta api' di kota Kishi, kawasan Wakayama, Jepang, mati dalam usia 16 tahun.

Sesudah perusahaan kereta api memecat manajer stasiun tesebut pada 2006, sang kucing kemudian menjabat sebagai 'kepala stasiun' kota Kishi. Sebagai kepala stasiun Tama memakai atribut lengkap termasuk topi resmi perusahaan kereta api, Wakayama Electric Railway. Tama juga menerima gaji berbentuk makanan kucing.

Sebagai kepala stasiun di jalur Kishigawa ini, Tama bertugas menyambut kehadiran penumpang yang turun di stasiun itu. Figur Tama menjadi sangat populer dan mendatangkan turis ke kota itu, serta berhasil menghidupkan pemasaran cendera mata dirinya.

Sebuah penelitian yang dikutip kantor berita AFP menyebutkan kehadiran Tama berhasil meningkatkan jumlah perjalanan ke Jalur Kishigawa sebanyak 55.000 perjalanan dalam satu tahun.

Adapun nilai ekonomi yang dihadirkan dari meningkatnya perjalanan ke Jalur Kishigawa sebanyak 1,1 miliar yen (sekitar Rp118 miliar) ke kota Kishi.

Juru bicara Wakayama Electric Railway menyatakan bahwa Tama menderita infeksi saluran hidung sejak sepekan lalu.

Gubernur Wakayama, Yoshinobu Nisaka, termasuk orang-orang yang mengucapkan duka cita atas kematian Tama.

"Tama telah memenangkan hati banyak orang di dalam dan di luar negeri sebagai seorang bintang dalam pariwisata. Seiring berita kehilangan dia, saya menyatakan duka cita sedalam-dalamnya." katanya.

Perusahaan kereta api dikanbarkan telah menyelenggarakan pemakaman Tama di stasiun Kishi, Kamis (25/6/2015) malam waktu setempat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com