Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Israel dan Palestina Lakukan Kejahatan Perang dalam Konflik Gaza

Kompas.com - 22/06/2015, 22:38 WIB
GENEVA, KOMPAS.com - Sebuah laporan PBB yang dirilis pada Senin (22/6/2015), menyatakan baik Israel maupun kelompok-kelompok bersenjata Palestina sama-sama melakukan kejahatan perang dalam perang 50 hari di Gaza tahun lalu.

Komisi Penyelidikan Konflik Gaza 2014 mengumumkan pihaknya telah menerima "tuduhan kredibel" bahwa kedua pihak sama-sama melakukan kejahatan perang dalam konflik yang menewaskan lebih dari 2.140 warga Palestina, sebagian besar warga sipil dan 73 warga Israel, sebagian besar tentara.

"Dampak dari kehancuran dan penderitaan manusia di Gaza tak terbayangkan dan akan mempengaruhi generasi mendatang," kata ketua komisi, Mary McGowan Davis.

Israel, yang mengecam keras komisi ini sejak pembentukannya tahun lalu, mengkritik keras hasil laporan ini sebagai bias. PM Benyamin Netanyahu bahkan bersikeras Israel tak melakukan kejahatan perang.

"Israel mempertahankan diri dari sebuah organisasi teror yang menginginkan kehancuran Israel sehingga merekalah yang melakukan kejahatan perang," kata Netanyahu, merujuk kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza.

Di sisi lain, Hamas memuji kesimpulan komite yang mengecam pasukan pendudukan Zionis atas kejahatan perang yang mereka lakukan.

Meski laporan itu mengecam kedua belah pihak, namun secara khusus laporan itu menyebut "kekuatan senjata besar-besaran" yang digunakan Israel di Jalur Gaza yang menggelar dari 6.000 serangan udara dan 50.000 tembakan artileri dalam konflik selama 50 hari itu.

"Pengeboman yang menghancurkan bangunan-bangunan permukiman membuat rakyat Gaza sangat menderita. Banyak keluarga yang tumpas, 551 anak-anak tewas," ujar McGowan Davis tercekat.

"Ratusan orang warga Palestina tewas di kediaman mereka sendiri. Seorang pria bahkan kehilangan 19 orang anggota keluarganya dalam serangan di Khan Younis pada 26 Juli, termasuk ibu dan semua anaknya," tambah McGowan Davis.

Sementara itu, laporan tersebut juga menyebutkan Hamas menembakan ribuan roket dan mortir ke wilayah Israel, yang disebut menebarkan ketakutan di kalangan warga sipil Israel.

Laporan itu menyebut kelompok-kelompok bersenjata melepaskan 4.881 roket dan 1.753 mortir ke Israel, menewaskan enam warga sipil dan melukai 1.600 orang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com