Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Ibu Kota Angola Sewa Apartemen "Jelek" Rp 90 Juta Sebulan

Kompas.com - 17/06/2015, 20:19 WIB

LUANDA, KOMPAS.com - Ibu kota Angola, Luanda, kembali tercatat sebagai kota paling mahal di dunia bagi para ekspatriat, menurut survei lembaga konsultansi Mercer. Luanda sejak tiga tahun terakhir menempati urutan teratas kota termahal di dunia.

Tiga faktor utama membuat Luanda menjadi sangat mahal yaitu tingginya sewa, mahalnya harga barang-barang impor, dan ongkos yang tidak kecil untuk biaya pengamanan. Namun harga kebutuhan lain di Luanda ikut tinggi karena fluktuasi nilai tukar mata uang Angola.

Di Luanda, untuk menyantap satu menu makanan cepat saji maka Anda harus menyiapkan 17 dolar AS atau sekitar Rp 226.000, untuk satu potong celana jins dihargai 250 dolar AS (Rp 3,3 juta) dan sewa sebuah apartemen "jelek" mencapai 6.800 dolar AS (Rp 90,7 juta) per bulan.

Sejak 2010, kota pelabuhan ini selalu meraih gelar kota termahal di dunia, kecuali pada 2012 ketika gelar itu direbut Tokyo, Jepang.

Dari 10 besar kota termahal untuk 2015, lima di antaranya ditempati kota-kota besar Asia, yaitu Hongkong (urutan dua), Singapura (urutan empat), Shanghai (urutan enam), Beijing (urutan tujuh), dan Seoul (urutan delapan).

Hongkong naik ke posisi dua sementara Singapura tetap berada di urutan empat karena mahalnya properti dan tingginya sewa rumah dan kantor di kedua kota tersebut.

Ibu kota Jepang, Tokyo, untuk pertama kalinya terlempar dari sepuluh besar karena melemahnya nilai tukar yen terhadap dolar Amerika. Biasanya Tokyo menempati urutan teratas namun untuk daftar 2015 kota ini berada di posisi 11.

Mercer adalah satu dari beberapa lembaga atau perusahaan yang mengeluarkan daftar tahunan kota-kota termahal di dunia. Daftar semacam ini biasanya dipakai sebagai salah satu acuan besaran gaji karyawan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com