Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Terbang Tanpa Awak Awasi Ujian di Tiongkok

Kompas.com - 09/06/2015, 03:49 WIB

KOMPAS.com - Pihak pengawas ujian masuk universitas di Luoyang, Tiongkok, menggunakan mesin terbang tanpa awak untuk memastikan tidak terjadi penipuan.

Alat tersebut digunakan untuk melacak gelombang radio yang dikirimkan dari dan ke ruang ujian selama para calon mahasiswa mengerjakan soal-soalnya.

Dikhawatirkan, para mahasiswa mungkin berkomunikasi menggunakan telepon genggam atau peralatan lainnya untuk mendapat bantuan dari luar ruang ujian di Luoyang, Provinsi Heinan.

Dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas tempat ujian, mesin akan mengawasi 'gelombang radio' yang mencurigakan.

Gambar yang diterbitkan media pemerintah memperlihatkan para teknisi menggunakan komputer dan peralatan pemindai untuk menganalisa hasil pengawasan mesin terbang itu.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sering terjadi para calon mahasiswa yang berkomunikasi dengan orang di luar yang membantu memberikan jawaban.

Tahun ini sekitar 10 juta murid Tiongkok mengikuti ujian masuk universitas selama dua hari yang dikenal sebagai 'gaokao' atau 'ujian tinggi' dan sering dianggap akan menentukan masa depan mereka.

Ujian masuk universitas ini bukan hanya membuat para calon mahasiswa tertekan tapi juga para orangtua.

Di ibukota Beijing, misalnya, sekitar 17.000 aparat polisi dikerahkan selain untuk mengatur lalu lintas dan meningkatkan pengamanan di tempat-tempat ujian, namun juga mendirikan pos-pos untuk membantu para orangtua yang cemas yang bisa jadi terkena serangan jantung, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com