Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,8 SR Guncang Papua Niugini

Kompas.com - 01/05/2015, 17:35 WIB
PORT MORESBY, KOMPAS.com — Sebuah gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Papua Niugini, Jumat (1/5/2015). Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan, pusat gempa berada di 106 kilometer sebelah barat laut kota Kokopo.

Gempa mengguncang pada pukul 08.06 GMT atau 15.06 WIB di lokasi yang berjarak 693 kilometer dari ibu kota Port Moresby, di wilayah New Britain, dengan kedalaman 53 kilometer.

Awalnya USGS melaporkan gempa itu berkekuatan 7,1 skala Richter dengan kedalaman 53 kilometer, tetapi kemudian merevisi laporannya itu. Selain itu, gempa ini juga tak berpotensi tsunami.

Pada Kamis (30/4/2015), gempa dengan kekuatan 6,7 skala Richter mengguncang wilayah yang sama dan tidak dilaporkan adanya kerusakan serius atau korban jiwa.

"Ini adalah gempa bumi kedua yang terjadi di kawasan yang sama dalam dua hari terakhir," kata Wakil Direktur Pusat Peringatan Dini Tsunami Australia Daniel Jaksa.

"Pusat gempa sebelumnya terjadi 10 kilometer ke sebelah tenggara dari pusat gempa hari ini. Lokasinya di kawasan tak berpenghuni di Pulau New Britain," lanjut Jaksa.

"Gempa itu berkekuatan 7,1 magnitud, yang artinya 30 kali lebih rendah dari gempa Nepal. Gempa hari ini sama dengan gempa kemarin, tak menghasilkan dampak apa pun," tambah Jaksa.

New Britain adalah pulau terbesar di Kepulauan Bismarck, berada di sebelah timur PNG dan dihuni sekitar 500.000 orang.

Pulau ini terletak di atas patahan Pasifik Australia sepanjang 4.000 kilometer yang merupakan bagian dari patahan "Cincin Api", yang merupakan "daerah panas" aktivitas seismik akibat pergeseran lempengan tektonik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com