Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Kesehatan Lee Kuan Yew Memburuk

Kompas.com - 17/03/2015, 13:45 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com — Kondisi kesehatan pendiri dan mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew, memburuk karena infeksi. Pemerintah negara kota itu mengatakan hal tersebut, Selasa (17/3/2015).

Lee, 91 tahun, telah dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura sejak 5 Februari lalu karena menderita pneumonia berat.

"Kondisi Lee Kuan Yew telah memburuk akibat infeksi. Dia menggunakan antibiotik. Para dokter terus memantau kondisinya," kata sebuah pernyataan dari kantor putranya, Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Lee senior secara luas dipuji karena mengubah Singapura dari sebuah negara dengan ekonomi yang stagnan menjadi salah satu negara ekonomi terkaya di Asia hanya dalam waktu tiga dekade.

Ia menjabat sebagai perdana menteri dari tahun 1959, ketika Singapura merdeka dari penguasa kolonial Inggris, sampai mengundurkan diri tahun 1990. Ketika itu mendukung wakilnya, Goh Chok Tong, yang pada gilirannya menyerahkan kekuasaan kepada Lee Hsien Loong tahun 2004.

People's Action Party (Partai Aksi Rakyat), yang ikut didirikan Lee senior, terus-menerus berkuasa dalam setiap pemilihan sejak tahun 1959 dan saat ini memiliki 80 dari 87 kursi di parlemen.

Dalam sebuah buku yang diterbitkan tahun 2013, negarawan Asia itu mengatakan, ia merasa lemah dari hari ke hari dan ingin kematian yang cepat. Kondisi kesehatan Lee mulai bermasalah sejak istri yang telah dinikahinya selama 63 tahun, Kwa Geok Choo, meninggal tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com