Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Akan Lengkapi Polisi dengan Kamera di Bagian Dada

Kompas.com - 02/12/2014, 07:13 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barrack Obama akan mengeluarkan dana untuk membiayai perlengkapan polisi yang menggunakan kamera di badan. Hal itu dilakukan Obama setelah penembakan di Ferguson yang memicu sentimen rasial di negeri tersebut.

Gedung Putih memastikan, Obama akan melengkapi petugas kepolisian dengan kamera berjenis mikro di bagian depan dada. Obama telah meminta anggaran 263 juta dollar AS selama tiga tahun untuk pendanaan perlengkapan kamera tersebut.

Selain digunakan untuk membeli kamera mikro, polisi juga akan diberi pelatihan tambahan dalam penegakan hukum.

Sebagai bagian dari niat tersebut, pemerintah lokal dan pusat akan membagi masing-masing 50 persen untuk pembiayaannya. Adapun kamera itu direncanakan sebanyak 50.000 dalam jangka waktu lima tahun. Demikian kata Gedung Putih dalam pernyataan persnya.

Selama ini, kamera di bagian badan sudah diterapkan di beberapa kota di negara bagian, seperti Laurel, Maryland. Di New York dan Washington, tengah dilakukan uji coba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com