Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria 90 Tahun Didakwa karena Beri Makan Gelandangan

Kompas.com - 06/11/2014, 11:27 WIB
FORT LAUDERDALE, KOMPAS.COM — Arnold Abbott membagikan empat piring makanan kepada para tunawisma di sebuah taman di South Florida, AS. Kemudian, polisi menghentikan pria berusia 90 tahun itu untuk melanjutkan kegiatannya tersebut.

"Seorang petugas mengatakan, 'Jatuhkan piring itu sekarang, seakan saya punya senjata,'" kata Abbott.

Abbott dan dua orang pendeta di Fort Lauderdale, Florida, didakwa karena memberi makan para tunawisma di depan umum pada hari Minggu (2/11/2014). Para petugas itu bertindak berdasarkan peraturan baru di kota itu yang melarang pembagian makanan di depan umum, lapor WPLG, media afiliasi CNN.

Ketiga orang itu kini menghadapi kemungkinan hukuman penjara dan denda sebesar 500 dollar AS. Demikian lapor WPLG.

Walau ada sejumlah kritik dari para pembela tunawisma, sejumlah pejabat kota itu telah berjanji untuk menerapkan aturan baru tersebut. "Kami tidak berhenti menegakkan aturan hanya karena ada perhatian media. Kami menegakkan aturan di Fort Lauderdale," kata Wali Kota Jack Seiler kepada WPLG.

Dia membela aturan itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Sun-Sentinel. "Saya tidak puas dengan adanya tunawisma di kota Fort Lauderdale," kata Seiler. "(Namun) memberikan mereka makanan dan mempertahankan mereka dalam siklus itu di jalanan tidak produktif."

Namun, Abbott, yang telah membantu dalam memberi makan para tunawisma di daerah itu melalui lembaga nirlaba Love Thy Neighbor sejak tahun 1991, mengatakan, pihak berwenang menyasar warga kota yang paling rentan. "Mereka adalah yang termiskin dari orang miskin. Mereka tidak punya apa-apa. Mereka tidak memiliki tempat berteduh," katanya. "Siapa yang bisa mengusir mereka?"

Abbott telah menentang larangan semacam itu sebelumnya. Tahun 1999, dia menggugat kota itu karena melarang dirinya memberi makan para tunawisma di pantai. Ketika itu, dia menang.

Dia mengatakan, ancaman tuduhan itu tidak akan menghentikannya untuk memberi makan para tunawisma. "Saya tidak takut dipenjara. Saya tidak mencari-cari hal itu, tetapi jika saya harus, saya akan menjalaninya," katanya.

Rabu waktu waktu setempat atau Kamis WIB, Abbott mengatakan, dia akan berada di Fort Lauderdale Beach, siap untuk menyediakan makanan bagi tunawisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com