Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan PBB yang Disandera di Suriah Akhirnya Dibebaskan

Kompas.com - 11/09/2014, 22:46 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebanyak 45 orang anggota pasukan perdamaian PBB asal Fiji, yang disandera kelompok militan Front al-Nusra di Dataran Tinggi Golan Suriah, telah dibebaskan dalam kondisi selamat. Demikian pernyataan PBB, Kamis (11/9/2014).

Sebuah pernyataan menyebutkan mereka diserahkan kepada anggota Pasukan Pengamat Gencatan Senjata PBB (UNDOF) pada pukul 11.30 GMT atau sekitar pukul 18.30 WIB. Semua anggota pasukan Fiji tersebut dalam keadaan sehat.

Anggota Front al-Nusra menangkap puluhan tentara Fiji tersebut dua pekan lalu saat terjadi bentrok antara pemberontak dan pasukan pemerintah Suriah di daerah demiliterisasi. Menurut pejabat Fiji, al-Nusra menuntut kelompoknya dicabut dari daftar organisasi teroris PBB.

Mereka juga menginginkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke sejumlah daerah Suriah, disamping meminta ganti rugi tewasnya tiga milisi dalam tembak-menembak dengan pasukan UNDOF di Dataran Tinggi Golan.

Dalam sebuah video yang diunggah di internet dua pemberontak terlihat disamping pasukan perdamaian. Mereka mengatakan diberikan jaminan tidak akan dilukai.

Pemberontak menginginkan pertukaran tawanan dan pengiriman bantuan, tetapi menyangkal mereka meminta PBB untuk menghilangkan nama Al-Nusra dari daftar teroris PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com