Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkati Mobil Mewah demi Imbalan Uang, Biksu Dikecam

Kompas.com - 13/08/2014, 17:09 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Sejumlah biksu Buddha di Tiongkok dihujani kecaman setelah menerima uang tunai untuk memberkati sebuah mobil mewah Porsche milik seorang pengusaha.

Sebuah tren baru tengah melanda Tiongkok ketika properti dan benda-benda mahal milik warga diberkati para tokoh agama dengan imbalan sejumlah uang.

Kondisi ini memicu kemarahan di kalangan masyarakat dengan contoh terbaru saat pengusaha teknologi informasi Tao Hung meminta para biksu Buddha memberkati mobil mewahnya.

Dia meminta agar para biksu memberkati mobil itu sehingga dia selalu selamat saat mengendarai mobil itu dan selalu tiba di tujuan tanpa insiden.

Namun, sebagian warga menilai berkat semacam itu tak berguna. Mereka mengatakan jika Tao Hung ingin selamat dalam berkendara, dia tidak ugal-ugalan saat mengendarai mobil dan mematuhi aturan lalu lintas.

"Dia (Tao Hung) mungkin memiliki banyak uang, tapi banyak yang mempertanyakan asal uang itu karena faktanya dia sedang menunjukkan kebodohannya," kata seorang pengguna media sosial.

Tao Hung sendiri enggan berkomentar soal masalah ini dan para biksu mengatakan bahwa memberkati sarana transportasi selalu menjadi bagian dari tradisi Buddha.

Sejauh ini, tidak diketahui berapa jumlah uang yang diberikan Tao Hung kepada para biksu untuk ditukar dengan berkat mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com